ANALISIS TATA LETAK DALAM PERSPEKTIF RITEL

Ria Arifianti

Abstrak


ANALISIS TATA LETAK DALAM PERSPEKTIF RITEL

 

Ria Arifianti

Departement of Business Administrative Science

Faculty of Social and Political Sciences University of Padjadjaran

Email : r.arifianti@unpad.ac.id. ria_arifianti@yahoo.co.id

 

ABSTRACT

 

               Layout strategies undertaken to generate profits, and to provide comfort for visitors. Despite the fact that so run smoothly. This can be seen from the customer complained about the layout made by the company. They complained of the board were not clear and the high placement so that makes them confused for mencarai desired goods

The approach taken in this study is a qualitative approach. The research method is descriptive method. Technique of collecting data using study of literature and field. Field studies using observation and interviews.

The research results that Retail Modern retail use this type of layout. The arrangement is based layout to provide convenience for consumers when shopping. Other than that a good layout. Placement will impact and improve competitiveness. The advice given is a clear indication of the existence of the placement of goods, so as not to confuse consumers when shopping

 

Keywords : modern retail,  lay out strategy

 

 

ANALISIS TATA LETAK DALAM PERSPEKTIF RITEL

 

ABSTRAK

 

Strategi tata letak dilakukan untuk menghasilkan keuntungan, dan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Meskipun pada kenyataannya tidak begitu berjalan dengan lancar. Hal ini terlihat dari pelanggan mengeluhkan tata letak yang dilakukan oleh perusahaan. Mereka mengeluhkan papan petunjuk yang tidak jelas dan tinggi penempatannya sehingga membuat mereka kebingungan untuk mencarai barang yang diinginkan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara induktif untuk memperoleh data yang bersifat menyeluruh atau holistic dan mendalam. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian mennujukkan bahwa Ritel Modern menggunakan jenis tata letak ritel. Penataan tata letak didasarkan untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen ketika berbelanja. Selain daripada itu penempatan layout yang baik akan memberikan dampak dan meningkatkan daya saing. Adapun saran yang diberikan adalah Adanya petunjuk yang jelas tentang penempatan barang, sehingga tidak memusingkan konsumen ketika berbelanja

 

Kata kunci : ritel modern, strategi tata letak


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v1i3.11216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.