ANALYSIS OF PRICING AND MERCHANDISING EFFECT TO CUSTOMER SATISFACTION AND IT’S AFFECTED TO CUSTOMER LOYALTY IN PURI BATAM MINIMARKET

Shinta Wahyu Hati, Nurlidiya Parlewen

Abstrak


ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of price variable and merchandising variable on customer satisfaction variabel, to determine the effect of direct price variable and merchandising variable on customer loyalty, and to determine the effect of direct price and merchandising variable on customer loyalty variable with satisfaction as intervening variable. This kind of research is explanatory research with quantitative approach. Research sample is 161 customer of Minimarket Puri Batam. This research use  analysis method Path Analysis. The results showed significant effect on the price variable Customer Satisfaction with value 0.474, and merchandising significantly contributing to customer satisfaction with value 0.413. Price significantly contributing to customer loyalty with value 0.260, merchandising significantly contributing to customer loyalty with value 0.295. And customer satisfaction significantly contributing to customer loyalty with value 0. 263. The result of this study are price, merchandising, and satisfaction have a significant influence on customer loyalty.

 

Keywords : Loyalty, merchandising, price, satisfaction

 

ANALISIS PENGARUH HARGA DAN MERCHANDISING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN DI MINIMARKET PURI BATAM

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan merchandising terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh harga dan merchandising terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 161 orang pelanggan Minimarket Puri. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.474 dan variabel merchandising berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.413. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0.260. Merchandising mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0.295. Variabel kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh signifikan sebesar 0.263 terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah harga, merchandising dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci: Harga, loyalitas, merchandising, kepuasan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i1.12880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.