GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PROSES PEMILAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI RW 06 DESA HEGARMANAH

Hasniatisari Harun

Sari


Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang merupakan salah satu desa yang berada dekat dengan Kampus Universitas Padjadjaran. sehingga desa ini menjadi fokus utama untuk melakukan pengabdian pada masyarakat prioritas melalui kegiatan Olahraga, kesenian dan kreativitas. Masalah yang muncul di RW 06 Desa Hegarmanah adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Sampah yang dihasilkan dari domestik (rumah tangga) akan membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan sampel penelitian seluruh masyarakat rw 06 desa hegarmanah kecamatan jatinangor kabupaten sumedang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, yaitu sebanyak 52 responden yang hadir dalam kegiatan penyuluhan pemilahan sampah organic dan anorganik.. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan perilaku dengan menggunakan analisis data distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar 58% responden mempunyai pengetahuan yang baik, sedangkan data perilaku masyarakat dalam proses pemilahan sampah sebagian besar 71 % tidak mendukung dalam proses pemilahan sampah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perilaku masyarakat dalam melakukan pemilahan sampah organic dan anorganis kurang baik.


Kata Kunci


Pemilahan Sampah, Pengetahuan, Perilaku.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhtar H, Soetjipto HP. Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Terhadap Perilaku Minimisasi Sampah pada Masyarakat Terban, Yogyakarta. J Mns Dan Lingkung. 2015 Jan 31;21(3):386–92.

Hadiwiyoto, S. 2000. Penanganan dan pemanfaatan sampah. Jakarta : Yayasan Idayu

Imaniyah, B. 2003. Tiga langkah managemen pengolahan sampah.

Lestari Y, Azkha N. Perilaku Pengelolaan Sampah pada Penjual Makanan Jajanan dan Pengunjung Wisata di Pantai Padang. J Kesehat Masy Andalas. 2010 Mar 1;4(2):97–102.

Mulasari SA. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Mengolah sampah di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2012 Sep;6(3):204–11.

Mulia RM. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2005. 98 p.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013.

Riswan R, Sunoko HR, Hadiyarto A. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan. J Ilmu Lingkung. 2011;9(1):31–8.

Rizal M. Analisis pengelolaan persampahan perkotaan (studi kasus pada Kelurahan Boya Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala). SMARtek. 2011;9:166.

Rohani L. Perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah di Desa Medan Senembah Kabupaten Deli Serdang dan di Kelurahan Asam Kumbang Kota Medan tahun 2007. USU eRepository; 2008. 6.

Slamet JS. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2011. 151, 178-180 p.

Yuwono NW. Pengelolaan Sampah Yang Ramah Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pertanian. 2010;2(1):2–5.




DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v6i2.14789

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di: 


width=  width= width=   width= 

 120

 

 

Statistik Pengunjung



PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat - Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. IV Jalan Ir. Soekarno
Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

 

 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.