PEMBELAJARAN LITERASI BUDAYA SUNDA PADA PESERTA DIDIK SD BESTARI UTAMI, KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT

Santi Susanti, Rangga Saptya Mohamad Permana

Sari


Sekolah Dasar Bestari Utami merupakan sekolah berkurikulum kewirausahaan internasional di Kabupaten Garut, yang menerapkan pendidikan yang berakar pada kearifan lokal budaya Sunda. Peserta didik di sekolah yang terletak di Jalan Cimaragas 313 tersebut terdiri atas anak-anak Tionghoa dan anak-anak Sunda yang jumlahnya dominan di sekolah tersebut. Uniknya, meskipun kurikulumnya berstandar internasional, pihak sekolah memasukkan seni budaya Sunda sebagai kurikulum sekolah, tidak sebagai kegiatan ekstakurikuler. PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kerarifan lokal budaya Sunda yang mewujud dalam benda-benda hasil kebudayaan. Peserta PPM ini adalah peserta didik kelas 3,4,5 dan 6 SD Bestari Utami. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat berupa penyegaran pengetahuan serta pelatihan dengan mengajarkan kearifan lokal budaya Sunda dalam bentuk benda-benda hasil karya seni, cerita, makanan dan lainnya, kepada anak-anak didik SD Bestari Utami, untuk melatih murid lebih memahami literasi budaya Sunda. Hasil temuan di lapangan menunjukkan, pada dasarnya peserta didik SD Bestari Utami telah mengenal budaya Sunda yang sangat dekat dengan mereka. Dengan adanya PPM ini, pengetahuan mereka lebih tergali dan dapat diekspresikan dalam bentuk bercerita, gambar, puisi, tulisan dan lainnya. Peserta didik pun merasa senang, karena mendapat pengetahuan baru mengenai benda-benda hasil karya budaya Sunda. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan seni budaya yang diberikan sejak usia dini dapat meresap dengan baik pada anak-anak, apalagi jika ditunjang dengan praktik yang akan lebih menguatkan pemahaman mereka tentang materi seni budaya yang dipelajari.

Kata Kunci


kearifan lokal, literasi, seni budaya Sunda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Roestiyah. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suratmi, Sugiyono, Uliyanti, E., (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (5) 1: 4. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/13146/11899. Diakses 17 Desember 2017.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Horton, Jr, F.W. (2007). Understanding Information Literacy: A Primer. Paris: UNESCO. http://unesdoc.unesco.org/images/0015/001570/157020e.pdf. Diakses 17 Desember 2017

Susanti, S.. (2016), Konstruksi Makna Berbudaya Sunda Pada Individu Jawa dan Tionghoa di Bandung. Disertasi. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Saepudin, E., Agustini, N.A., Sukaesih. (2016). Literasi Media Bagi Guru PAUD Di Kecamatan Cicalengka. Dharmakarya, 5(1): 38-43).




DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v6i2.14872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di: 


width=  width= width=   width= 

 120

 

 

Statistik Pengunjung



PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat - Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. IV Jalan Ir. Soekarno
Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

 

 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.