DISEMINASI INFORMASI PEDULI LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT DESA PALEDAH KABUPATEN PANGANDARAN

Neneng Komariah, Pawit M. Yusup, Encang Saepudin, Saleha Rodiah

Sari


Daerah perkebunan dan perhutanan bisa menjadi tujuan wisata baru yang menawarkan keindahan alam dan pendidikan. Selain itu, dengan berkembangnya agrowisata di satu daerah tujuan wisata akan memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan masyarakat dan pemerintah. Agar potensi wisata alam dapat terus dipertahankan dan diwariskan pada generasi di masa mendatang, diperlukan usaha dan kerjasama masyarakat sekitar untuk terus melestarikan alam serta kekhasannya. Salah satunya dengan diseminasi informasi peduli lingkungan pada masyarakat Desa Paledah Kabupaten Pangandaran. Metode pelaksanaan PPM ini dilakukan dengan focus group discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh aparatur desa, pengembang desa agrowisata, para kader PKK, guru PAUD dan tim pelaksana PPM. Dari FGD tersebut dihasilkan upaya diseminasi berupa buku panduan dan infografis mengenai informasi peduli lingkungan. Upaya ini dilakukan agar masyarakat Desa Paledah memiliki sikap peduli lingkungan yang dapat terlihat dari perilaku sehari-hari dengan selalu menjaga kebersihan, aktif kerja bakti, hemat air dan energi.


Kata Kunci


agrowisata; informasi peduli lingkungan; focus group discussion; buku panduan; diseminasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bafdal, N., Balia, R.L., Dwiratna, S. & Amaru, K. (2014). Penyusunan Peta Potensi Desa Agrowisata Berbasis Masyarakt Di Desa Cibuntu. Dharmakarya, 3, (2), 81–87.

Holdaway, E.A. (1979). The foundations of literacy. Sydney: Ashton Scholastic.

Prasetiyo. (2017). Pembelajaran Matapelajaran Biologi Materi Lingkungan Di Sekolah Mengengah Atas Dan Daya Dukungnya Terhadap Literasi Lingkungan Siswa. Florea, 4, (2), 55–58.

Sajur, N. (2001). Pengembangan kawasan wisata agro (Agrotourism). Buletin Tanaman Dan Lanskap Indonesia, 4, (2), 20–23.

Wilson, T.D. (2000). Human Information Behavior. Information Science Research, 3, (2), 49-56.

Yanti, F., Yustina, & Rosmaini. (2013). Analisis Literasi Lingkungan Hidup Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Riau Tahun Akademis 2011/2012. Universitas Riau. Retrieved from https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/1574

Zaini, M. (2002). Pendidikan Lingkungan bagi Anak untuk Mewujudkan Masyarakat yang Memiliki Literasi Lingkungan. Fikrah, 1, (1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i1.19468

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di: 


width=  width= width=   width= 

 120

 

 

Statistik Pengunjung



PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat - Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. IV Jalan Ir. Soekarno
Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

 

 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.