PELATIHAN PENILAIAN STATUS GIZI PADA GURU DALAM RANGKA DETEKSI SISWA STUNTING DI SEKOLAH DASAR

Linda Riski Sefrina, Milliyantri Elvandari

Sari


Pembangunan suatu negara dimulai dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Status gizi anak usia sekolah adalah status kesehatan yang perlu mendapat perhatian. Prevalensi stunting di Indonesia telah meningkat sejak 2010. Stunting adalah akibat tidak dapat dipulihkan dari kekurangan gizi kronis. Anak-anak usia sekolah yang mengalami stunting cenderung sering absen di kelas, mengalami ketidakmampuan belajar dan kinerja sekolah yang lebih rendah. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penilaian gizi guru sekolah dasar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari penyuluhan dan pelatihan masyarakat untuk guru sekolah dasar. Pelatihan ini juga menggunakan alat yang disebut “Cakram Gizi” yang mudah digunakan. Mereka diberikan penyuluhan dan pelatihan dengan metode demonstrasi. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa penyuluhan meningkatkan pengetahuan guru tentang stunting. Selain itu, kegiatan pelatihan dapat meningkatkanpengetahuan guru tentang gizi pada anak sekolah dan dapat melakukan deteksi dini tentang gizi yang kurang pada siswa. . Berdasarkan layanan masyarakat ini, kami menyarankan bahwa program kesehatan masyarakat melibatkan institusi pendidikan, khususnya sekolah dalam menangani stunting.

 


Kata Kunci


siswa; stunting; guru; pengetahuan; penilaian gizi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenkes. 2011. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No: 1995/ Menkes/SK/XII/2010. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Laraeni Y, Wiratni A. 2014. Pengaruh Penyegaran Kader Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu Menggunakan Dacin di Wilayah Kerja Puskesmas Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Media Bina Ilmiah. Vol. 8, No. 4: hlm. 44-52.

Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Picauly I, Toy SM. 2013. Analisis Determinan dan Pengaruh Stunting Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah di Kupang dan Sumba Timur, NTT. Jurnal Gizi dan Pangan. Vol. 8(1): 55-62.

Rytter Mj, Kolte L, Briend A, Friis H, Christensen VB. 2014. The immune system in children with malnutrition-a systematic review. PLoS One. 9:e105017.

UNICEF. 2013. Children with disabilities. New york: UN Children’s Fund.

Walker SP, Chang SM, Powell CA, Simonoff E, Grantham-McGregor SM. 2007. Early childhood stunting is associated with poor psychological functioning in late adolescence and effects are reduced by psychosocial stimulation. J Nutr., 137:2464–9.

WHO. 2014. Global Nutrition Targets 2025 Stunting Policy Brief. Geneva: Switzerland.




DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i1.24854

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di: 


width=  width= width=   width= 

 120

 

 

Statistik Pengunjung



PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat - Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. IV Jalan Ir. Soekarno
Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

 

 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.