Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar

Deny Firmansyah Sutisna, Dian Sinaga, Efi Rosfiantika

Sari


Inti   dari   penelitian   ini   adalah   mengenai   peranan   sebuah   lembaga pendidikan nonformal, yang salah satunya adalah PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam menumbuhkembangkan minat membaca warga belajar Paket C setara SMA. Penelitian dilaksanakan di  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jembar Kabisa Dusun Selaawi RT 02/RW 07, Desa Sukahayu, Kecamatan  Rancakalong  Kabupaten  Sumedang.  Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk mengetahui peranan PKBM Jembar Kabisa dalam menumbuhkan minat baca warga belajar, khususnya untuk kelompok belajar Paket C. Penelitian ini dilakukan di PKBM Jembar Kabisa mulai dari bulan April hingga Juni 2012. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kelompok belajar (kejar) Paket C dari kelas 1, 2, dan 3 yang seluruhnya berjumlah 34 orang. Minat membaca warga belajar khususnya di PKBM Jembar Kabisa didukung oleh beberapa komponen, yang sangat berperan dalam menumbuhkan minat baca tersebut. Komponen- komponen tersebut antara lain adalah bagaimana proses kegiatan belajar mengajar yang diterapkan, kemudian dari fasilitas penunjang yang ada serta bagaimana peran pengelola kegiatan belajar mengajar di PKBM ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari proses kegiatan belajar, sebanyak 76,5% responden menyatakan bahwa kurikulum pembelajaran yang diterapkan di PKBM ini sudah sesuai. Hal ini sangat berkaitan dengan kesepakatan penggunaan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yang mencakup standar pencapaian kompetensi. Kemudian dilihat dari segi fasilitas penunjang seperti terdapatnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM), mayoritas responden menyatakan sebanyak 50% bahwa TBM membantu serta mendukung dalam proses pembelajaran dan kegiatan lainnya seperti  membaca.  Untuk  pengelola  dalam  hal  ini  adalah  guru/tutor,  sebanyak 79,4% responden menyatakan bahwa guru/tutor selalu merekomendasikan bahan- bahan bacaan yang harus dipelajari dan dibaca oleh warga belajar. Dari hasil penelitian  diatas,  maka  penulis  dapat  menyimpulkan  bahwa  PKBM  Jembar Kabisa memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca warga belajar.

 

Kata kunci: peranan PKBM, pendidikan nonformal, kegiatan belajar mengajar, fasilitas, guru/tutor, minat membaca warga belajar.

 


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.