PEMBENTUKAN NOMINA DIMINUTIF DALAM BAHASA RUSIA

Rully Robby

Abstrak


Penelitian ini berjudul Pembentukan Nomina Diminutif dalam Bahasa Rusia (Suatu Tinjauan Morfo-Semantis). Dalam penelitian ini dibahas mengenai pembentukan nomina, dengan menambahkan sufiks pembentuk nomina diminutif.

Dalam penelitian ini digunakan metode analisis-deskriptif. Sumber data yang dianalisis dalam penelitian ini diambil dari cerpen ‘Шинель’ karya Nikolai Gogol, cerpen ‘Цыганы’ karya Alexander  Pushkin, cerpen ‘Отцы и дети’ karya Ivan Sergeyevich Turgenev, cerpen ‘Рассказы и повести 1888 - 1891 гг’ karya Anton Pavlovich Chekhov, cerpen ‘Городок в табакерке’ karya Odoyevski Vladimir F, cerpen ‘Севастопольвмае’ karya Leo Tolstoy, Cerpen-cerpen yang didalamnya terdapat nomina diminutif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nomina diminutif dapat dibentuk dengan sufiks dan tanpa sufiks. Sufiks berperan penting dalam pembentuk nomina diminutif. Hasil penggabungan nomina dan sufiks tersebut menunjukkan nomina bermakna diminutif yaitu yменьшительное ‘hal mengecilkan/kependekan’, yничижительное ‘hal meremehkan’, dan ласкательное ‘yang lemah lembut/kasih sayang’.

Kata kunci: Pembentukan Nomina Bahasa Rusia, Sufiks, Diminutif, Semantik, Morfologi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.