CINTA SEBAGAI EKSPRESI PERUBAHAN ZAMAN PADA PERALIHAN AKHIR ABAD XIX SAMPAI AWAL ABAD XX

Faisal Haris

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Cinta Sebagai Ekspresi Perubahan Zaman Pada
Akhir Abad XIX Sampai Awal Abad XX” (Kajian Semiotika Peirce) Terhadap
Keempat Cerpen О Любви Karya Anton Chekov, Темный Аллей Karya Ivan Bunin, После Бала Karya Leo Tolstoy, dan Скуки Ради Karya Maxim Gorky. Dalam penelitian ini akan membahas dan mendeskripsikan kisah-kisah percintaan dalam keempat cerpen tersebut di atas, yang setiap ceritanya berakhir dengan tragis sebagai sebuah tanda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektika
historis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sander Peirce (dalam buku Ikonisitas: Semiotika Sastra dan Visual. karya Kris Budiman, 2005).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur cerita memiliki ikonositas dengan kehidupan masyarakat Rusia pada akhir abad 19, selain itu perkembangan kesusastraan realis pada akhir abad ke 19 serta kehidupan masyarakat Rusia pada akhir abad ke 19 ketika perkembangan industrialisasi berkembang, masa liberal yang
singkat menimbulkan kelas sosial baru yang nantinya menjadi generator perubahan di Rusia, merupakan penyebab pengarang membuat kisah percintaan yang berakhir muram. Melalui analisis penampang ikon dan indeks dapat disimpulkan bahwa kisah percintaan dalam keempat cerpen merupakan simbol dari negara.
Kata Kunci: tanda, cinta, perubahan zaman.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.