Survei Kepuasan Pelanggan Farmasi Poliklinik di Rumah Sakit di Indonesia

SILVIA PERMATA SARI, Rizky Abdulah

Abstract


Pelayanan Rumah Sakit seyogyanya memenuhi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Pelayanan farmasi sebagai salah satu operasional dan bagian dari pelayanan memerlukan pengukuran indikator kerja, salah satunya dengan survei kepuasan pelanggan. Survei dilakukan di pelayanan farmasi poliklinik dengan metode accidental sampling dan sampel pasien yang menggunakan jasa pelayanan farmasi poliklinik berjumlah 150 responden. Kualitas pelayanan dilihat berdasarkan dimensi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik sesuai urutan kepentingan relatifnya. Secara umum, hasil survei kepuasan pelanggan sudah cukup baik dengan nilai rerata 2,87 namun perlu dilakukan perbaikan untuk mengurangi waktu tunggu serta perbaikan kenyamanan ruang tunggu.

Kata kunci: Kepuasan pelanggan, pelayanan farmasi




DOI: https://doi.org/10.24198/jf.v16i2.17928

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.24198/jf.v16i2.17928.g8477

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SILVIA PERMATA SARI, Rizky Abdulah