Pentingnya Siklodekstrin dalam Industri Makanan, Kosmetik, dan Farmasi

Nasrul Wathoni

Abstrak


Tanpa kita sadari siklodekstrin menjadi senyawa yang penting terutama dalam industri makanan, kosmetika, dan farmasi sebagai bahan pembantu makanan maupun obatnya. Siklodekstrin termasuk dari golongan oligosakarida siklik yang terdiri dari subunit glukopiranosa terikat pada α-(1,4).  Pada industri kosmetik, siklodekstrin digunakan untuk meningkatkan stabilitas minyak parfum terhadap oksidasi dan bau. Sedangkan pada industri farmasi, selain mampu meningkatkan kelarutan suatu obat, menurunkan efek toksisitas suatu senyawa, dan sebagai bahan pengkomplek obat seperti vitamin A, E dan K agar stabil terhadap oksidasi. Selain itu, produk turunannya mampu bertindak sebagai pembawa dalam teknologi nanopartikel terutama dalam aplikasi penghantaran obat bertarget untuk terapi kanker.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. N. Bestari, PENGGUNAAN SIKLODEKSTRIN DALAM BIDANG FARMASI. Majalah Farmaseutik, Vol. 10 No. 1 Tahun 2014 .

J. D. Dziezak, Microencapsulation and encapsulated ingredients, Food Technol. 42(4): 136 (1988)

E. M. Martin Del Valle. Cyclodextrins and their uses: a review. Process Biochemistry. Volume 39, Issue 9, 31 May 2004, Pages 1033–1046

http://www.wacker.com/cms/en/press_media/press-releases/archive_2013/pressinformation_2013_detail_44672.jsp. Diakses 25 Juni 2016.

http://www.foodnavigator.com/Policy/Wacker-wins-EU-approval-for-novel-ingredient. Diakses 25 Juni 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright © 2016 Majalah Farmasetika.

free
hit counter
 
View My Stats
Universitas Padjadjaran. Back to Top