FASIES DAN LINGKUNGAN PENGENDAPAN LAPANGAN “MS”, FORMASI TALANG AKAR, CEKUNGAN SUMATERA SELATAN, BERDASARKAN DATA LOG SUMUR, BIOSTRATIGRAFI DAN SALINITAS AIR FORMASI

Moses Siahaan, Faisal Helmi, Yusi Firmansyah, Nanda Natasia

Abstrak


Lapangan MS adalah salah satu lapangan penghasil hidrokarbon yang terletak pada Cekungan Sumatera
Selatan. Objek penelitian berada di Lapangan “MS”, Formasi Talang Akar, Cekungan Sumatera Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasies, lingkungan pengendapan, dan sejarah pengendapan pada objek penelitian. Data-data yang digunakan adalah data wireline log pada 3 sumur, data mudlog dan data biostratigrafi. Penelitian ini diawali dengan menganalisis nilai salinitas air formasi dari formasi target.
Diperoleh dua sebaran nilai salinitas yang cukup signifikan yaitu 2210 ppm NaCl dan 6618-7866 ppm
NaCl. Berdasarkan analisis data biostratigrafi pada sumur MS-1 di kedalaman 729-1290 m datapalinologi menunjukkan keberlimpahan palinoflora dari takson penciri rawa air tawar seperti Marginipollis concinnus, Discoites borneenis, dan Monoporites annalutus dan bersama dengan spora pteridophytes menunjukkan bahwa daerah penelitian diendapkan pada lingkungan rawa air tawar . Pada kedalaman 605-695 m ditemukan Ammonia sp pada jumlah yang sangat sedikit menunjukan lingkungan inner neritic. Ditemukannnya sporadic nanofosil dan foraminifera menunjukkan bahwa adanya percampuran antara lingkungan laut dan rawa (swamp). Hasil analisis elektrofasies ditemukan beberapa fasies yang berkembang pada daerah penelitian yaitu: distributary channel, interdistributary floodplain, crevasse splay, swamp, fluvial channel, dan fluvial floodplain. Dari semua analisis yang dilakukan maka diinterpretasikan bahwa daerah penelitian diendapkan pada sistem deltaic dan fluvial. Hasil korelasi flooding surface, terdapat 4 flooding surface yang diinterpretasi pada daerah penelitian yaitu FS-1, FS2,FS-3,dan FS-4.


Teks Lengkap:

PDF

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.