Enkripsi Konten Blob-Field untuk Pengamanan Data Bank Soal Ujian CBT (Computer Based Test)

Juli Rejito, Deni Setiana

Abstrak


Implementasi teknologi informasi khususnya dalam ujian berbasis komputer (CAT-Computer Assisted Test) mulai banyak digunakan. Kerahasiaan soal yang tersimpan dalam bentuk database menjadi hal utama yang harus diperhatikan, dikarenakan soal yang dipergunakan dalam ujian tidak boleh terpublikasikan (bocor) baik dari sisi peserta test (client) yang menggunakan cat tersebut maupun dari pengelola database (administrator). Dalam paper ini akan dipaparkan salah satu alternative solusi pengamanan soal yang tersimpan dalam bentuk blob-field database yang memuat konten teks maupun konten citra yang disandikan, sehingga konten soal yang aslinya hanya akan terbaca apabila menggunakan aplikasi cat yang sesungguhnya. Teknis penyandian yang dipergunakan dalam blob-field adalah dengan memanfaatkan enkripsi simetrik yang dimunculkan dalam bentuk aplikasi entry bank soal sebagai alat bantu memasukkan soal sekaligus berfungsi
untuk enkripsi konten soal, disisi lain menggunakan aplikasi CAT yang dipergunakan oleh user untuk
mengerjakan soal sekaligus berfungsi sebagai dekripsi konten soal. Pembuktian hasil enkripsi soal ditunjukkan dengan akses langsung ke dalam blob-field konten soal yang tersimpan pada database menggunakan antarmuka akses database.

Kata Kunci


CAT (Computer Assisted Test); blob field; enkripsi; database; bank soal

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jin.v1i1.10997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Pengunjung : website statistics

Creative Commons License


Jurnal Informatika Univeristas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.