Pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai Alternatif Otentikasi (Studi Kasus pada Sistem PAuS ID di Universitas Padjadjaran)

Faishal Wahiduddin, Setiawan Hadi, Deni Setiana

Abstrak


Teknologi NFC (Near Field Communication) merupakan sebuah teknologi yang memudahkan komunikasi antar perangkat secara langsung dengan mendekatkan perangkat yang satu dengan yang lain . Saat ini teknologi NFC telah dibenamkan pada chip yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sehingga menjadikan kartu tersebut sebagai sebuah smartcard. Pada Skripsi ini penulis meneliti tentang pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai suatu alternatif yang bisa digunakan untuk melakukan otentikasi pada sistem PAuS (Padjadjaran Authentification System) yang terdapat di Universitas Padjadjaran. Implementasi berupa sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang dapat menampilkan informasi mahasiswa berupa jadwal kuliah dan transkrip akademik dengan otentikasi menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Sistem yang telah dibangun diujicoba terhadap 20 orang responden mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Informatika angkatan 2012, 2013, 2014 dan 2015. Smartphone yang digunakan terdiri dari 9 seri yang berbeda, dan hasilnya seluruh smartphone dapat menjalankan aplikasi dengan memanfaatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai alternatif Otentikasi pada Sistem PAuS ID. 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jin.v1i1.8536

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Pengunjung : website statistics

Creative Commons License


Jurnal Informatika Univeristas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.