PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) BAGI ANAK-ANAK USIA DINI

ENCANG SAEPUDIN, Sukaesih Sukaesih, Agus Rusmana

Abstract


Kegiatan ini mengkaji tentang  Peran  Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Bagi Anak-Anak Usia Dini  Di Desa Narawita Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Dengan  Metode atau Teknik  Participatory Rural Appraisal  dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion, dan  studi pustaka kegiatan  ini bertujuan   mengetahui peran taman bancaan masyarakat  teutama mengenai tugas dan fungsi taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini. Hasil kajian  menunjukkan bahwa taman bacaan masyarakat yang ada di lingkungan desa Narawita   berperan sebagai sumber belajar anak-anak usia dini,  sumber informasi bagi para orang tua dalam membina anak usia dini, dan  sarana rekreasi-edukasi bagi masyrakat. Dengan demikian  taman bacaan masyarakat   dapat berperan  sebagai sarana belajar baik bagi anak-anak usia dini maupun para orang tua anak-anak- terutama ibu rumah tangga muda dalam memperluas pengetahuan mereka

Abstract

This activity examines the role of the Community Library (TBM) For Early Childhood In the village NarawitaCicalengka District of Bandung regency. Method or Participatory Rural Appraisal Techniques and data collection through interviews, observation, focus group discussions, and literature study aims to determine the role of these activities bancaan community garden teutama on the tasks and functions of public reading in improving learning skills in early childhood. The results show that the public reading in a village environment Narawita serve as a source of learning early age children, resources for parents in fostering early childhood-education and recreational facilities for the community. Thus the public reading can serve as a learning tool for both kids an early age and the parents children-especially young housewife in expanding their knowledge.


Keywords


Taman bacaan, anak usia dini, sumber belajar, sumber infoemasi, rekreasi-edukasi

Full Text:

PDF

References


Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media. Yusup, Pawit M. (2010). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta, Bumi Aksara.

Brophy, Peter. The Academic Library. 2nd ed. London: Facet Publishing. 2005.

Cohen,Laura dan Jacobson, Trudi E.“Evaluation Web Content”. University Library of Universi Albany. http://library.albany.edu/usered/eval/evalweb/ . 25 Juni 2013

Creswell, John W. and Vicki L. Plano Clark. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications. 2007.

Cronin, Blaise and Elisabeth Davenport. Elements of Information Management. London: The Scarecrow Press. 1991.

Djohani, Rianingsih (2003). Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokratisasi Komunitas: Reposisi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Program Pengembangan

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (http://www.icann.org). 27 Juni 2013

Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media. Yusup, Pawit M. (2010). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta, Bumi Aksara.

Pantry, Sheila and Peter Griffiths. Setting up a library and information service from scratch. London: Facet Publishing. 2005.

Pendit, Putu Laxman. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Sebuah Pengantar Diskusi Epistemologi dan Metodologi. Jakarta: JIP-FSUI. 2003.

Pandia, Top 5 Semantic Search Engines, http://www.pandia.com/ sew/1262-top-5-semantic-search-engines.html

Pendit, Putu Laxman. Apa Yang Selama Ini Dikaji Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Makalah Sebagai Bahan Diskusi Dengan Pengajar Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad Bandung. 2009.

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia. 1993.

Wallace, Danny P. and Connie Van Fleet. Library Evaluation: a casebook and can-do guide. Colorado: Libraries Unlimited. 2001.

Pandia, Top 5 Semantic Search Engines, http://www.pandia.com/sew/1262-top-5-semantic-search-engines.html , 28 Juni 2010

UC Berkeley Library. “Evaluating Web Pages: Techniques to Apply & Questions to Ask”. UC Berkeley - Teaching Library Internet Workshops. http://www.lib.berkeley.edu/TeachingLib/Guides/Internet/Evaluate.html . 29 Juni 2010

University of Maryland University College- Library.“Search the Web & Evaluate Web Resources”. INFORMATION AND LIBRARY SERVICES. http://www.umuc.edu/library/guides/web.shtml 29 Juni 2010

Yusup, Pawit M. (2011). Teori dan Praktik Komunikasi Instruksional. Jakarta, Bumi Aksara.

Yusup, Pawit M.; Silvana Rachmawati; Subekti, Priyo (2013). Memetakan jenis kebutuhan utama orang prasejahtera pedesaan dan variasi informasi yang dicarinya. Laporan Hasil Penelitian PUPT. LPPM Unpad.

Yusup, Pawit M. Dan Priyo Subekti (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi.

Jakarta, Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821.g5712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62817225082 (Chat Only)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 

Creative Commons License
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License