STRATEGI PROMOSI PENJUALAN ONLINE LAZADA.CO.ID

Faisal Reza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi penjualan melalui media online website yang dilakukan oleh lazada Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan melaui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah pimpinan dan karyawan lazada Indonesia yang berkantor pusat di Menara Bidakara 1 lantai 16 jalan Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi promosi penjualan melalui media online website lazada.co.id ini melakukan pemasaran online dengan cara menciptakan website untuk interaksi konsumen dan proses perdagangan elektronik, merancang website yang efektif agar mudah digunakan oleh konsumen, menggunakan email dalam menyebarkan informasi promosi penjualan, dan melakukan promosi penjualan secara online melalui website lazada.co.id. Aktivitas promosi penjualan melaui media online website yang dilakukan lazada Indonesia merupakan suatu bentuk komunikasi terhadap konsumen dalam perdagangan elektronik (e-commerce). Kegiatan aktivitas tersebut diantaranya tahap awal perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir evaluasi. Alat promosi penjualan yang digunakan lazada diantaranya adalah lazada menggunakan alat promosi diskon, voucher, flash sales, special offer from partner, dan melakukan kegiatan pameran dagang. Berdasarakan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi promosi penjualan yang dilakukan lazada Indonesi melaui media online website merupakan alat promosi penjualan utama yang digunakan lazada Indonesia dalam melakukan perdagangan elektronik (e-commerce).

DOI: 10.24198/jkk.vol4n1.6


Keywords


Pemasaran, perdagangan elektronik, strategi pemasaran, promosi penjualan, lazada

Full Text:

PDF

References


Alexa. (2016). Top Sites in Indonesia. Diakses dari http://alexa.com tanggal 30 Januari 2015.

Creswell, J.W. (2002). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. Thousand: Sage Publication

Kartajaya, H. (2008). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran, Alibahasa, Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Keduabelas Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mitra, W. (2014). Data statistik mengenai pertumbuhan pangsa pasar e-commerce di indonesia saat ini. Diakses dari http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/ tanggal 12 Februari 2015

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdaKarya.

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya.

Soemanagara, R. d. (2012). Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Stanton, J. (1991). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun. Jakarta: Erlangga.

Surata, I, N. (2015). Fantastis, pertumbuhan e-commerce di indonesia saat ini. Diakses dari http://www.academia.edu/12166388/Fantastis_Pertumbuhan_E-Commerce_di_Indonesia_Saat_ini tanggal 12 Februari 2015

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada e-commerce Peusahaan Top Dunia. Yogyakarta: AdiOffset.

Thurlow, C. (2004). Computer Mediated Communication, Social Interaction and The Internet. London: Sage Publications

Wicaksana, R. R. & Bajari, A. (2015). Kampanye produk minuman kesehatan melalui games interaktif. Diakses dari http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7397/3401 29 April 2016

Yin, K. 2012. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i1.6179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Faisal Reza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by:

https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/ https://dispendukcapil.kedirikota.go.id/gambar/raffi/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/xdemo/ https://dispendukcapil.kedirikota.go.id/gambar/demo/ sule slot toto slot https://sieni.dinamika.ac.id/codebase/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slothoki/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/usutoto/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slot88/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/akurat77/ https://appem.kuningankab.go.id/toto-slot/ https://appem.kuningankab.go.id/toto4d/ https://appem.kuningankab.go.id/slot777/ https://appem.kuningankab.go.id/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slothoki/
https://www.store.smkind-mm2100.sch.id/ sule slot situs slot toto slot https://edatabase.dpmptsp.riau.go.id/demo/ https://www.kideco.co.id/wp-content/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slot-gacor/index.html slot online https://appem.kuningankab.go.id/public/s-demo/ https://igtc-indo.or.id/xgaming/ slot online gacor https://simanis.jayawijayakab.go.id/vendor/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/xgaming/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/raffi/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/sule/