PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN SOSIAL INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA CIBODAS SOLOKAN JERUK JAWA BARAT (SEBUAH STUDI KASUS MENGGUNAKAN KERANGKA KANVAS MODEL BISNIS)
Sari
ABSTRAK
Praktik kewirausahaan sosial saat ini semakin banyak dan tersebar di berbagi wilayah Indonesia. Sejumlah kajian telah menyatakan bahwa praktik ini bermanfaat dalam membangun nilai sosial dan kesejahteraan sosial. Maka berangkat dari hal tersebut, semakin diperlukan kiranya penelitian yang semakin mendalam terkait isu ini untuk dapat mendokumentasi dan menghasilkan kerangka-kerangka model kewirausahaan yang semakin baik.
Penelitian ini mencoba mendeskripsikan praktik kewirausahaan sosial di Desa Cibodas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung denga menggunakan kanvas model bisnis. Skema industri ini dibangun dengan memberdayakan masyarakat sekitar dalam produksi keset, sehingga ikut membantu dalam mensejahterakan warga. Warga yang menjadi pekerja adalah para ibu rumah tangga yang mendapatkan pelatihan pembuatan keset.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Briesch, A. M., Volpe, R. J., & Floyd, R. G. (2018). The Guilford practical intervention in the schools series. School-based observation: A practical guide to assessing student behavior. New York: Guilford Press.
Dees, J. G. (2001). The Meaning of “Social Entrepreneurship.” Retrieved February 15, 2020, from https://centers.fuqua.duke.edu/case/wp-content/uploads/sites/7/2015/03/Article_Dees_MeaningofSocialEntrepreneurship_2001.pdf
Juwaini, A. (2011). Social Enterprise: Transformasi Dompet Dhuafa Menjadi World Class Organization. Bandung: Mizan Group.
Kominfo. (2017). Peluang Besar Jadi Pengusaha Di Era Digital. Retrieved February 1, 2020, from Gerakan Nasional Pemerataan Ekonomi Digital Bagi UMKM Indonesia website: https://kominfo.go.id/content/detail/9503/peluang-besar-jadi-pengusaha-di-era- digital/0/berita
Light, P. C. (2008). The Search for Social Entrepreneurship. Washington DC: Brooking Institution Press.
Nasdian, F. . (2015). Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 87–99. Retrieved from journal.upgris.ac.id › civis › article › download%0A
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Stewart, C. J., & Cash, W. B. (2011). Interviewing: Principles and Practices. New York: McGraw-Hill.
Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandun: PT Refika Aditama.
Utomo, H. (2014). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Among Makarti, 7(14), 1–16. Retrieved from https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/99/83
Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2015). Kewirausahaan Sosial: Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan. In Program Manager. Sumedang: Unpad Press.
Wibowo, H., Nulhaqim, S. A., Irfan, M., & Adiansah, W. (2019). Kewirausahaan yang Memberdayakan: Studi Kasus Kewirausahaan Ikan Olahan di Eretan Wetan Kabupaten Indramayu. Share: Social Work Journal, 8(2), 128–135. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.18396
Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish (2nd ed.). New York: The Guilford Press.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32145
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.