Analisis Waktu Pelayanan Penerbitan Izin Gangguan (HO) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh

Samsul Anwar, Desfira Ahya, Afriyani Afriyani, Nurhidayati Nurhidayati, Reza Ariska, Rudi Wahyudi, Novira Iswani

Abstract


Data survival adalah data yang memiliki durasi waktu yang dimulai dari waktu awal sampai dengan waktu akhir ketika sebuah peristiwa yang diamati terjadi. Data lama waktu penerbitan perizinan izin gangguan atau Hinder Ordonantie (HO) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh merupakan data survival dengan peristiwa yang diamati adalah proses penyelesaian penerbitan perizinan HO. Dengan demikian, data tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis survival. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dihimpun melalui berkas permohonan perizinan HO pada tahun 2016. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 kasus. Data survival tersebut dikategorikan tersensor apabila lama waktu penyelesaian proses perizinan HO lebih dari 7 hari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cox Proportional Hazard (Cox PH) model. Terdapat 11 variabel penjelas yang diduga mempengaruhi lamanya waktu penerbitan perizinan HO di DPM-PTSP Kota Banda Aceh. Analisis data dengan Cox PH model menunjukkan bahwa hanya 3 dari 11 variabel penjelas yang memiliki pengaruh yang signifikan. Ketiga variabel tersebut adalah biaya retribusi, kategori status gangguan dan luas tempat usaha. Sedangkan variabel lain yang berkaitan dengan latar belakang dan status pemohon terbukti tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan di DPM-PTSP Kota Banda Aceh telah dilakukan secara transparan, jujur dan adil sesuai dengan capaian kinerja DPM-PTSP Kota Banda Aceh.


Keywords


analisis survival, cox proportional hazard, DPM-PTSP Kota Banda Aceh, izin gangguan (HO), lama waktu penerbitan perizinan.

References


KPPTSP Banda Aceh, 2014, Buku Perizinan KPPTSP. Banda Aceh: Pemkot Banda Aceh.

KPPTSP Banda Aceh, 2015, Perizinan Online: perizinan.bandaacehkota.go.id. Banda Aceh: Pemkot Banda Aceh.

Kleinbaum, D., G., dan Klein, M., 2005, Survival Analysis, Edisi Kedua, New York: Springer Science Business Media, Inc.

Zacks, S., 1991, Introduction to Reliability Analysis Probability Models and Statistical Methods, New York: Springer text in Statistics.

David G. Kleinbaum, D.G. dan Klein, M., 2011, Survival Analysis: A Self-Learning Text, Edisi Kedua, New York: Springer, Halaman 94, 100.

Machin, D., Cheung, Y.B. dan Parmar, M.K.B., 2006, Survival Analysis: A Practical Approach, Edisi Kedua, London: John Wiley & Sons Ltd., Halaman 94-124.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n2.12785.133-142

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks



Jurnal Matematika Integratif ( p-ISSN:1412-6184 | e-ISSN:2549-9033) published by Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran.

Indexed by:

Google ScholarLogo Crossref The Indonesian Publication Index-Portal Garuda

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN:1412-6184 | e-ISSN:2549-9033