Peramalan Menggunakan Model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) untuk Indeks Harga Konsumen 4 Kota di Provinsi Sulawesi Selatan

Muhammad Alkifar Masdin, Nur' eni, Desy Lusiyanti

Abstract


Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah indeks yang menghitung rata-rata perubahan harga dari suatu paket barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dalam kurun waktu tertentu. Data IHK merupakan data runtun waktu, sehingga dapat dimodelkan menggunakan analisis time series. Dari beberapa aplikasi, data runtun waktu dicatat secara bersamaan di sejumlah lokasi yang menghasilkan runtun waktu spasial. Penelitian ini menggunakan metode Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model GSTAR terbaik dan hasil peramalan untuk data Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Watampone, Kota Makassar, Kota Pare-Pare dan Kota Palopo. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah model GSTAR (11) I(1) setelah differencing 1 menggunakan bobot lokasi seragam karena menghasilkan residual bobot lokasi yang memenuhi asumsi white noise dengan nilai RMSE 10,63 sehingga model GSTAR yang diperoleh sebagai berikut:

 

 

  

          

          

 

 

 

Hasil ramalan yang diperoleh pada bulan Januari dan Februari berbeda cukup signifikan dengan data aktual, hal ini dikarenakan adanya perbedaan tahun dasar yang diberlakukan mulai Januari 2014. Mulai Maret 2014, hasil ramalan data IHK 4 kota di Provinsi Sulawesi Selatan  relatif stabil dan mendekati nilai data aktual.


Keywords


Indeks Harga Konsumen, Runtun Waktu, GSTAR, White Noise, RMSE, Ramalan.



DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v14.n1.15947.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Matematika Integratif ( p-ISSN:1412-6184 | e-ISSN:2549-9033) published by Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran.

Indexed by:

Google ScholarLogo Crossref The Indonesian Publication Index-Portal Garuda

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN:1412-6184 | e-ISSN:2549-9033