KONSELING KARIR KELOMPOK COGNITIVE INFORMATION PROCESSING UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA

Resi Gusti Nurrega, Hepi Wahyuningsih, Uly Gusniarti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling karir kelompok cognitive information processing untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas XI di SMAN “X” Yogyakjarta yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki, berusia 17 tahun dan dibagi dalam dua kelompok. Setelah dilakukan proses random, maka terpilih satu kelompok (n=8) sebagai kelompok eksperimen dari SMAN”X” yang menerima perlakuan berupa konseling karir kelompok CIP. Satu kelompok lainnya (n=8) sebagai kelompok kontrol. Skala career thought inventory yang dibuat sendiri oleh peneliti yang dipergunakan sebagai alat ukur. Uji hipotesis menggunakan analisis non-parametrik berupa Mann Whitney U Test untuk menguji perbedaan nilai berdasarkan kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konseling karir kelompok berpengaruh dalam menigkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa (Z = -3,313, p = 0,000, dimana p < 0,05).

Kata kunci : Pengambilan keputusan karir, Cognitive Information Processing, Konseling karir




DOI: https://doi.org/10.24198/10.24198/jpsp.vol1n1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.