Peran Employability Development Opportunities terhadap Employability Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Altamahira Amara Zahra Indrawan, Megawati Batubara

Sari


Bonus demografi dan tingginya pengangguran di Indonesia mengakibatkan persaingan yang ketat di pasar dunia kerja. Untuk itu, mahasiswa tingkat akhir sebagai calon lulusan yang akan menghadapi dunia kerja perlu memiliki kesiapan kerja (employability) agar dapat bersaing dengan calon lulusan lainnya dalam upaya mendapatkan tempat kerja. Perguruan tinggi memiliki peran vital dalam pengembangan kesiapan kerja. Struktur yang dibuat oleh perguruan tinggi untuk mendukung employability mahasiswa disebut dengan employability development opportunities (EDO). Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran EDO terhadap employability mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad). Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi linier berganda. Subjek penelitian terdiri dari 86 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Unpad yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner online yang juga disebarkan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam jenis EDO, yaitu curriculum, work experience, career development learning, real world activities, personal development planning, dan extracurricular activities memiliki peran yang signifikan terhadap employability sebesar 34.5%. Selain itu, ditemukan pula bahwa terdapat peran yang signifikan dari jenis personal development planning terhadap employability mahasiswa sebesar 27.4%. Artinya, semakin tinggi/banyak program yang diberikan pada jenis tersebut kepada mahasiswa, maka akan semakin tinggi pula kesiapan kerjanya.


Kata Kunci


employability, employability development opportunities, kesiapan kerja, perguruan tinggi, mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhyaksa, M. A., & Rusgiyono, A. (2010). Persepsi Dunia Kerja Terhadap Lulusan Fresh Graduate S1 Menggunakan Multidimensional Unfolding (Studi Kasus: Dunia Usaha Di Kabupaten Batang). Media Statistika, 3(1), 49-57.

Christensen, L. B. (2007). Experimental methodology. Allyn & Bacon.

Christensen, L. B., Johnson, B., Turner, L. A., & Christensen, L. B. (2011). Research methods, design, and analysis.

Clegg, S., Stevenson, J., & Willott, J. (2009). Extending conceptualisations of the diversity and value of extracurricular activities: A cultural capital approach to graduate outcomes.

Donald, W. E., Baruch, Y., & Ashleigh, M. (2019). The undergraduate self-perception of employability: Human capital, careers advice, and career ownership. Studies in Higher Education, 44(4), 599-614.

Ehiyazaryan, E., & Barraclough, N. (2009). Enhancing employability: integrating real world experience in the curriculum. Education+ Training.

Finch, D. J., Hamilton, L. K., Baldwin, R., & Zehner, M. (2013). An exploratory study of factors affecting undergraduate employability. Education+ Training, 55(7), 681-704.

Goleman, D. (1998). Working with emotional intelligence.

Goodwin, K. A., & Goodwin, C. J. (2016). Research in psychology: Methods and design. John Wiley & Sons.

Jackson, D., Fleming, J., & Rowe, A. (2019). Enabling the transfer of skills and knowledge across classroom and work contexts. Vocations and Learning, 12, 459-478.

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research 4th ed. Holt, NY, 409.

Law, W., & Watts, A. G. (1977). Schools, Careers and Community, Church Information Office, London. Dacre, L. and Pool, PS (2007)" The Key to Employability: Developing a Practical Model of GraduateEmployability", EducationandTraining, 49(4), 277-289.

Maryati, S. (2015). Dinamika pengangguran terdidik: tantangan menuju bonus demografi di Indonesia. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2), 124-136.

Milner, S. (2008). Summary evaluation report: employability development opportunities review tool (EDORT). Paper No. TLC/08/18, Teaching and Learning Committee, University of Ulster, Newtownabbey, available at: www. ulster. ac. uk/academicoffice/download/TLC/23% 20April, 202008, 18.

Pitan, O. S., & Muller, C. (2020). Student perspectives on employability development in higher education in South Africa. Education+ Training, 63(3), 453-471.

Pitan, O. S. (2016). Employability development opportunities (EDOs) as measures of students’ enhanced employability. Higher Education, Skills and Work-Based Learning.

Pitan, O. S. (2016). Towards enhancing university graduate employability in Nigeria. Journal of Sociology and Social Anthropology, 7(1), 1-11.

Pitan, O. S., & Atiku, S. O. (2017). Structural determinants of students’ employability: Influence of career guidance activities. South African Journal of Education, 37(4).

Putri, A. R., & Frieda, N. R. H. (2015). Self esteem dan optimisme raih kesuksesan karir pada fresh graduate Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal empati, 4(4), 15-19.

Qenani, E., MacDougall, N., & Sexton, C. (2014). An empirical study of self-perceived employability: Improving the prospects for student employment success in an uncertain environment. Active Learning in Higher Education, 15(3), 199-213.

Utami, A. D. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKKAN EMPLOYABILITY SKILLS PADA LULUSAN BARU S1 (Strata-1) PRODI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

Watts, A. G. (2006). Career development learning and employability. York: Higher Education Academy.




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v8i1.47353

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=