Produktivitas dan Rantai Pasok Ternak Kambing dan Domba (KADO) Studi Kasus di Kabupaten Tegal (Productivity and Supply Chain Sheep and Goat A Case Studyin Tegal District)

I.G.M Budiarsana, Broto Wibowo, Dwi Priyanto

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1).kinerja dan pelaku rantai pasok

ternak kado, 2). menganalisis kelembagaan manajemen rantai pasok dan 3). menganalisis rantai nilai ternak kado di Kabupaten Tegal. Data yang digunakan terdiri dari data sekunder dan

primer.Data primer diperoleh melalui metode survai mewawancarai para pelaku rantai pasok dengan menggunakan daftar pertanyaan tersetruktur, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait yang terdiri dari data perkembangan populasi, produksi dan konsumsi.Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis B/C rasio, analisis kelembagaan dan analisis margin tataniaga, namun data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 7 pelaku rantai pasok ternak kado yang diawali dari peternak selaku produsen, pedagang desa, belantik pasar, pedagang pengumpul, pedagang antar propinsi, pejagal dan pedagang sate, analisis kelembagaan menunjukkan bahwa lembaga pedagang pasar sangat  strategis  karena  mampu  sebagai  perantara  antara  penjual  dengan  pembeli.  Dengan analisis nilai rantai menunjukkan bahwa semua pelaku pasok memperoleh keuntungan sehingga dapat  disimpulkan  peternakan  kado  memberi  manfaat  bagi  perkembangan  ekonomi  suatu daerah.

Kata Kunci : kelembagaan, ekonomi, domba dan kambing


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Ternak