Respons tanaman jagung (Zea mays L.) toleran herbisida akibat pemberian berbagai dosis herbisida IPA glifosat 486 g/l

Agus Wahyudin, Fiky Yulianto Wicaksono, D. F. Sari

Abstrak


Jagung merupakan salah satu serealia yang strategis di Indonesia. Jagung mempunyai peluang untuk dikembangkan karena fungsinya sebagai bahan pangan utama dan sebagai sumber bahan pakan ternak. Penggunaan tanaman jagung PRG toleran herbisida glifosat diharapkan dapat mengurangi penurunan hasil tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai dosis herbisida glifosat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (Zea mays L.) PRG toleran herbisida glifosat. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Ciparanje Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, kecamatan Jatinangor, kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada bulan Desember 2014 hingga April 2015. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 8 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri atas pemberian herbisida dengan dosis 1 L/Ha, 1,5 L/Ha, 2 L/Ha, 2,5 L/Ha, 3 L/Ha, 3,5 L/Ha, 4 L/Ha dan pengendalian secara manual. Satuan petak terdiri atas areal seluas 6,5 x 5 m dengan jarak tanam 25 x 75 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian gulma dengan berbagai dosis herbisida dan pengendalian secara manual tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, indeks luas daun, jumlah tongkol, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol, jumlah baris biji per tongkol, bobot 100 biji dan bobot biji per tanaman. Dosis herbisida 1 L/Ha dapat menekan pertumbuhan gulma pada pertanaman jagung PRG.

 

Kata kunci: Gulma ∙ Glifosat ∙ Jagung toleran  ∙ Glifosat.


Teks Lengkap:

XML

Referensi


Agustia, dan R. Arifianti. 1997. Pengendalian Gulma pada Tanaman Kelapa Sawit di Kayangan Estate, PT. Salim Womas Pratama. Riau. Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Hlm. 64. Tidak dipublikasikan.

Azri, M. 2012. Jagung PRG Toleran Glifosat Atasi Gulma dan Tingkatkan Hasil. http://balitkabi.litbang.deptan.go.id/jagung-prg-toleran-glifosat.html.

Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal). 2008. Asal, Sejarah, Evolusi, dan Takso-nomi Tanaman Jagung. http://www. balisereal.litbang.pertanian.go.id

Bilman. 2011. Analisis pertumbuhan tanaman jagung (zea mays l.), pergeseran komposisi gulma pada beberapa jarak tanam dan pengolahan tanah. Jurnal Ilmu-Ilmu Perta-nian Indonesia. Vol.3. No. 1. hal. 25-31.

Badan Pusat Statistik. 2014. Produksi Jagung Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta. http://www.bps.go.id/ (Diakses tanggal 8 Desember 2014)

Brandli, D., dan S. Reinacher. 2012. Toleransi glifosat dalam kanola PRG gen GOX modifikasi. Diakses dari http://isaaa.org/ kc/cropbiotechupdate/files/bahasa.pdf. ((Diakses tanggal 5 Januari 2015)

Djojosumarto. 2008. Pestisida dan Aplikasinya. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Faqihhudin, M. Danang., Haryadi, dan H. Purnamawati. 2014. Penggunaan herbisida IPA-Glifosat terhadap pertumbuhan, hasil dan residu pada jagung. Jurnal Ilmu Pertanian Vol. 17 No.1, 2014 : 1-12.

Lamid, Z., Harnel, Adlis, dan W. Hermawan. 1998. Pengkajian TOTdengan herbisida glifosat pada budidaya jagung di lahan kering. Prosiding Seminar Nasional VI BDP-OTK. Himpunan Ilmu Gulma Indonesia. Padang.

Sembodo, D. R. J. 2010. Gulma dan Pengelolaannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soerjandono, N. B. 2008. Teknik Produksi Jagung Anjuran Di Lokasi Peima Tani Kabupaten Sumenep. Buletin Teknik Pertanian.

Soetoro, Soelaiman., dan Iskandar. 1998. Budidaya Tanaman Jagung. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Syafruddin, Agustinus, N. Kairupan, A. Negara, dan J. Limbongan. 2004. Penataan sistem pertanian dan penetapan komoditas unggulan berdasarkan zona agroekologi di Sulawesi Tengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian 23(2): 61−67.

Tarigan, F. H. 2007. Pengaruh pemberian pupuk organi green giant dan pupuk daun super bionik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung (zea mays. l). Jurnal Agrivigor 23 (7): 78-85.

Warisno. 2007. Jagung Hibrida. Yogyakarta: Kanisius. Hlm. 43-56.




DOI: https://doi.org/10.24198/kltv.v15i1.12005

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Kultivasi, All Right © Reserved 2018