KNOWLEDGE TRANSFER FOR COMMUNITY DEVELOPMENT DENGAN APLIKASI EXCEL PKN STAN PADA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BUMDES (STUDI PADA BUMDES MULTI GUNA DESA SIDOMULYO, MADIUN)

Putri Nugrahaningsih, Labbaika Dwi Ayu Rahmawati, Denty Arista, Lina Nur Ardila

Sari


Badan Usaha Milik Desa Multi Guna terletak di Desa Sidomulyo, Wonosari, Madiun memiliki lima unit usaha antara lain unit pertokoan ATK, unit fotokopi, unit parkir, unit sewa molen, dan unit sewa scaffolding. Permasalahan utama yang dialami dalam beberapa tahun beroperasi yaitu kurang pengetahuan serta keterampilan yang cukup dalam pengelolaan usaha dan pengelolaan keuangan. Pengurus Bumdes masih kesulitan untuk mencatat transaksi hingga menyusun laporan keuangan dengan benar yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan profesionalitas aparatur pemerintah desa dan pengelola Bumdes dalam pengelolaan keuangan Bumdes. Oleh karena itu, tim pengabdi memberikan pelatihan dan pendampingan pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan dengan benar sesuai dengan standar akuntansi keuangan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pembelajaran partisipatif dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan knowledge transfer melalui aplikasi excel PKN-STAN kepada para peserta workshop pelatihan. Materi pelatihan yang diberikan mencakup perkembangan regulasinya, sistem pengorganisasian, akuntansi, serta penatausahaan pertanggungjawaban keuangan Bumdes. Kesimpulan pendampingan yang telah dilaksanakan memberikan hasil maksimal seperti mengetahui cara penentuan harga jual barang, memahami konsep pentingnya dana cadangan, mencatat transaksi keuangan dalam jurnal serta dalam menyusun laporan keuangan sehingga para pengelola Bumdes mampu untuk mengelola usaha Bumdes secara akuntabel dan professional.

Kata Kunci


Bumdes; Standar Akuntansi; Laporan Keuangan; Knowledge Transfer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arista, D, dkk. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Bumdes Banyuanyar Berkarya Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35657.

Asana, Gede Herry Sugiarto. (2020). Desain Sistem Informasi Akuntansi Bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Journal of Informatics Engineering and Technology, Vol. 01, No. 1, 42 – 54.

Astono, Ari D, Anis Thurmudhi & Kurniasari, Dian. (2022). Penguatan Kapasitas Pengelola BUM Desa Taruna Agung Di Bidang Pemasaran Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kebonagung, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.32620.

Kurniasih D., Setyoko P.I. and Imron M. (2017) ‘Problems of Public Accountability in Village Government Business Management (Study on Village Business Enterprises in Banyumas, Indonesia)’, Journal of Public Administration and Governance. Doi: 10.5296/jpag v7i4.11850.

Nugrahaningsih, Putri, dkk. (2021). Sistem Ekonomi Digital Desa. Trenggalek: Penerbit Indonesia Imaji.

Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa. Lembaran RI Tahun 2021. Sekretariat Negara. Jakarta.

Senjani, Y. P. (2019). Peran Sistem Manajemen Pada Bumdes dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–40. http://10.24198/kumawula.v1i3. 23698.

Situmorang, Dokman Maulitua. 2020. Pelatihan Dan Penerapan Sistem Akuntansi Pada Bumdes Di Kabupaten Bengkayang. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 58 - 66.

Suci, Rama Gita., Zul Azmi, Adriyanti Agustina Putri, Siti Rodiah, dan Intan Putri Azhari. (2021). Edukasi Akuntansi Dan Peningkatan Efektifitas Pelaporan Keuangan Bumdes Berbasis Excel For Accounting (EFA). COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 72 – 77.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36321

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)