UPAYA MENDUKUNG AKREDITASI INTERNASIONAL (ASIIN) MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN SEMESTER LEARNING PLAN DAN RUBRIC OF ASSESSMENT

L Endah Cahya Ningrum, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, Meini Sondang Sumbawati, Mahendra Widyartono

Sari


Akreditasi merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang termasuk dalam SPME. Prodi S1 PTE, FT, Unesa telah mendapatkan akreditasi oleh ASIIN yang dikonversi oleh BAN-PT menjadi akreditasi “Unggul”. Hasil akreditasi tersebut berlaku selama 1 tahun dan untuk memperpanjangnya prodi menunggu jadwal asesmen lapangan. Asesmen lapangan membutuhkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak terutama dosen di JTE sebagai pengampu mata kuliah.  Dukungan dan partisipasi tersebut berupa opTimalisasi persiapan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar pada setiap mata kuliah. Sehingga Tim PKM memberikan solusi yang berupa pelatihan. Pelatihan tersebut terdiri dari empat tahap yaitu Persiapan, Sosialisasi, Pelatihan dan Pendampingan, serta Evaluasi. Pada tahap persiapan telah ditemukan permasalahan  tentang persiapan asesmen lapangan prodi. Kemudian Tim PKM memberikan solusi berupa pelatihan penyusunan Semester Learning Plan (SLP) dan Rubric of Assessment. Tahap sosialisasi dilakukan oleh Kaprodi S1 PTE dengan pemaparan Summary of Curriculum. Tahap pelatihan diikuti oleh dosen di JTE yang berjumlah 28 dosen. Kegiatan dilanjutkan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran secara intensif untuk masing-masing peserta pelatihan. Tahap evaluasi dilakukan oleh Kaprodi S1 PTE yang berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan secara keseluruhan. Output pelatihan berupa SLP untuk 28 mata kuliah di semester Ganjil 2021/2022 dan template Rubric of Assessment.

Kata Kunci


Akreditasi Internasional; ASIIN; Pelatihan; Semester Learning Plan; Rubric of Assessment

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Shawan, Deema. (2021). The Effectiveness of The Joint Commission International Accreditation in Improving Quality at King Fahd University Hospital, Saudi Arabia: A Mixed Methods Approach. Dovepress, 13, 47-61, https://doi.org/10.2147/JHL.S288682

Banerjee, Swapan & Samaddar, Bhawati. (2020). Importance of International Accreditation for Institutions and the Role of Private Certification Bodies. Asian Journal of Management, 11(3), 39-43

Mohiudddin, Khalid, Islam, Asharul, Mohd , Shiblee, & Shariff, Mansoor. (2019). Evaluation of an Academic Program: The Case of Computing Accreditation Commission Framework in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14 (11), 70-91

Peraturan Pemerintah RI No.4. (2014). Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

Permendikbud RI No. 5. (2020) Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Permenristedikti No. 15. (2018). Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi

Permenristekdikti No. 62. (2016). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

Subject-specific Supplementary Criteria (SSC) ASIIN. (2011). Relating to the Accreditation of Bachelor’s and Master’s Degree Programmes in Electrical Engineering and Information Technology. Jerman: ASIIN

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Ulker, Nilufer & Bakioglu, Aysen. (2018). An International Research on The Influence of Accreditation on Academic Quality. Studies in Higher Education, 44(9), 1507-1518. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1445986

Undang-Undang RI No.12. (2012). Pendidikan Tinggi




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)