PENINGKATAN DAYA SAING UMKM KACANG J-NUT MELALUI PERBAIKAN KEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE

Emi Widiyanti, Erlyna Wida Riptanti, Yayan Suherlan, Arief Iman Santoso

Sari


Masa Pandemi ini membawa dampak luar biasa bagi para pelaku UMKMdimanakebijakanpemerintahuntukmenerapkanPembatasanSosialBerskala Besar (PSBB) membawa pelaku UMKM pada dua situasi yaitumenurunnya jumlah pembeli namun disisi lain jumlah kompetitor semakinmeningkat. Kondisiinimenyebabkan UKM harus berupaya untuk meningkatkan daya saingnya ditengahmasapandemiini.SalahsatuUKMyangmengalamipermasalahanini adalah UMKM Kuliner yaitu UMKM Olahan Kacang-kacangan Merek J-Nut. Semasapandemi terjadi penurunan omset penjualan hampir 50% dari penjualansebelum pandemi. Beberapa penyebab penurunan omset ini atara lainbanyakmasyarakatyangturutberjualananekacamilantermasukjugajeniskacang-kacangan seperti kacang bawang, kacang telur dll yang akhirnyamenjadi kompetitor. Para kompetitor sudah menggunakan media promosidan pemasaran online sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.Untuk itu UMKM Kacang J-Nut ini harus segera memperbaiki kapasitasusahanyauntukdapatbersaingdenganUMKMyanglaindiantaranyadengan menerapkan strategi pemasaran yang dapat menarik perhatiankonsumen di antara banyaknya produk UMKM sejenis. Untuk mengatasipersoalaninimakatimpengabdianmengusulkansolusipemecahanmasalah melalui beberapa kegiatan yaitu : perbaikan merek dan labelproduk,perbaikankemasanyang   lebih marketable, promosi dan pemasaran online. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat meningkatkan omset penjualan sebesar 25% dan meningkatkan respon positif dari masyarakat (calon konsumen).


Kata Kunci


Branding; Kemasan; Media Sosial; UMKM Kuliner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI, 1(2), 131-136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). Online Marketing Strategy (Case Study Of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank In Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219-231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya : CV. Penerbit Qiara Media.

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (The Survival Strategy of SMES During The Covid- 19 Pandemic). Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89-98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Kurniawati, Dewi & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2), 193-198. https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.200

Kusnandar, Harisudin, M., Adi, R.K., Qonita, R.A, Khomah, I., Riptanti, E.W., Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Murni Snack. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2): 320 – 327. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958

Priantoro, B. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Whatsapp (Studi Kasus Garuda Indonesia Solo). Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019. Buku 2: ”Sosial dan Humaniora“

Rahayu, J. N., Elys, F., dan Aminah, H. M. A. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Jurnal Agriekonomika, 1(1): 52-67. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v1i1.350

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19(1), 76-86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36836

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)