PENGEMBANGAN SITUS BADAN PROMOSI PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA

Budi Susanto, Agata Filiana, Kristian Oentoro

Sari


Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) dibentuk dengan tujuan mengembangkan promosi pariwisata di Kota Yogyakarta. Sebuah situs profil yang resmi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait promosi pariwisata di Kota Yogyakarta sekaligus untuk meningkatkan pemasaran digital dan pembentukan kehadiran digital atau digital presence. Artikel ini membahas pembangunan situs resmi BP2KY menggunakan content management system (CMS) Wordpress. Website dibangun melalui beberapa tahapan yaitu focus group discussion (FGD), data gathering, perancangan, implementasi, evaluasi, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa sebuah situs profil yang mengandung informasi tujuan serta peran BP2KY, profil pengurus BP2KY, informasi tempat wisata di Yogyakarta, dan berita terkini. Situs tersebut dapat diakses pada https://bp2ky.or.id/. Pengujian situs dilakukan dengan user experience questionnaire (UEQ) yang disebarkan untuk melihat pengalaman pengunjung. Hasil pengujian menunjukkan evaluasi positif untuk daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan dengan nilai di atas 0.8. Sedangkan hasil benchmarking UEQ menunjukkan hasil “excellent” untuk daya tarik, kejelasan, efisiensi dan stimulasi, serta “good” untuk ketepatan dan kebaruan. Pelatihan untuk pengurus BP2KY juga dilakukan agar situs memiliki kontinuitas


Kata Kunci


Badan Promosi Pariwisata; CMS Wordpress; Daya Tarik; Kehadiran Digital; Pariwisata; Situs Profil

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cabot, J. (2018). Word press: A content management system to democratize publishing. IEEE Software, 35(3), 89–92. https://doi.org/10.1109/MS.2018.2141016

Hennink, M. M. (2014). Focus group discussions. Oxford University Press.

Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 37–46.

Prawira, J. J. C. Y., & Wardani, T. I. (2017). APLIKASI CMS WORDPRESS UNTUK PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI WISATA KERAMIK DINOYO KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 578–583.

Riyanto, A. D. (2015). PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI YANG TERPERCAYA. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1).

Riyanto, S., & Kurniawati, I. D. (2018). RANCANG BANGUN WEBSITE DESA KRESEK-MADIUN UNTUK MEDIA INFORMASI POTENSI WISATA ALAM DAN KULINIER. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 1(2), 2580–2879.

Rochman, A., Hanafri, M. I., & Wandira, A. (2020). Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source. Academic Journal of Computer Science Research, 2(1). https://doi.org/10.38101/AJCSR.V2I1.272

Sakir, Astuti, L., Ishak, A., Walinegoro, B. G., & Novriando, A. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU PROFIL DESA SINGOYUDAN, MIRIT, KEBUMEN BERBASIS SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ONLINE (SISKON). Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 43–48. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.30570

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2014). Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8517 LNCS(PART 1), 383–392. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07668-3_37

Sulaiman, A. M., & Setiawan, A. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN SITUS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PENGRAJIN TEMBAGA DI DESA TUMANG, CEPOGO, BOYOLALI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–241. https://doi.org/10.24198/KUMAWULA.V4I2.32824

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2014.07.002




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36889

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)