BUSINESS ACCELERATION PROGRAM PADA PELAKU INDUSTRI PENGOLAHAN BAMBU SKALA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI SELAAWI, GARUT

Arianis Chan, Dadan Suryadipura, Nenden Kostini

Sari


Studi terdahulu yang menunjukkan efek buruk pandemi Covid-19 terhadap kelangsungan suatu bisnis di seluruh dunia. Salah satu sektor yang paling terdampak pandemi adalah pelaku usaha dengan skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini juga terjadi di Indonesia, di mana banyak pelaku sektor UMKM yang lebih dahulu harus mati sebelum mendapatkan bantuan maupun pendampingan. Program ini dijalankan untuk meminimalisasi hal tersebut. Sekaligus sebagai upaya membentuk pengrajin Selaawi yang memiliki potensi besar untuk dapat membentuk bisnisnya lebih profesional. Selain itu pemerintah setempat diharapkan dapat memperoleh pengetahuan baru untuk pengembangan dan pendampingan pelaku usaha di wilayahnya. Bagi mahasiswa pendamping yang berperan sebagai fasilitator, kegiatan ini berguna untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya selama kuliah dalam kehidupan masyarakat secara riil, dan membina hubungan yang baik dengan masyarakat sekitarnya. Program ini dibagi menjadi dua kegiatan besar yaitu business acceleration coaching dan business acceleration presentation. Hasil dari kegiatan ini adalah para pengrajin memiliki company profile yang lebih profesional dengan dilengkapi logo, slogan, dan foto produk yang menarik. Selain itu pelaku usaha juga memiliki media sosial yang terkelola dengan baik. Maka, program business acceleration diharapkan dapat menjadi salah satu upaya yang dapat diinisiasi oleh para akademisi, penggiat bisnis, dan pemerintah setempat untuk dapat mengembangkan potensi pelaku usaha di sekitarnya.


Kata Kunci


Akselerasi Bisnis; Bisnis Coaching; Industri Kreatif, Industri Bambu; Selaawi Garut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amis, J. M., & Janz, B. D. (2020). Leading Change in Response to COVID-19. Journal of Applied Behavioral Science, 56(3), 272–278. https://doi.org/10.1177/0021886320936703

Caballero-Morales, S. O. (2021). Innovation as recovery strategy for SMEs in emerging economies during the COVID-19 pandemic. Research in International Business and Finance, 57(May 2020), 101396. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2021.101396

Chatterjee, S., & Kumar Kar, A. (2020). Why do small and medium enterprises use social media marketing and what is the impact: Empirical insights from India. International Journal of Information Management, 53(February), 102103. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102103

Ebersberger, B., & Kuckertz, A. (2021). Hop to it! The impact of organization type on innovation response time to the COVID-19 crisis. Journal of Business Research, 124(July 2020), 126–135. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.051

Giourka, P., Kilintzis, P., Samara, E., Avlogiaris, G., Farmaki, P., & Bakouros, Y. (2021). A business acceleration program supporting cross-border enterprises: A comparative study. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2). https://doi.org/10.3390/joitmc7020152

Kaur, H., & Kaur, K. (2019). Connecting the dots between brand logo and brand image. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 11(1), 68–87. https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2018-0101

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and Branding: Research Findings and Future Priorities. Marketing Science. https://doi.org/10.1287/mksc.1050.0153

Lu, L., Peng, J., Wu, J., & Lu, Y. (2021). Perceived impact of the Covid-19 crisis on SMEs in different industry sectors: Evidence from Sichuan, China. International Journal of Disaster Risk Reduction, 55(24). https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102085

Muchtar, H. N., Chandrawulan, A. A., Budhijanto, D., Ikhwansyah, I., Sugiharti, D. K., Amalia, P., … Faisal, P. (2020). Potensi Umkm Di Pangandaran Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 367. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.24861

Post, T. J. (2020). Bailing out SMEs is not enough.

Romppanen, J. (2021). Segmentation , Targeting & Positioning ( STP ). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26266.16322/1

Saputra, D. (2021). Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Verawati, & Desprayoga. (2019). Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.

Zarghami, S. A. (2021). A reflection on the impact of the COVID-19 pandemic on Australian businesses: Toward a taxonomy of vulnerabilities. International Journal of Disaster Risk Reduction, 64(July), 102496. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102496




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36913

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)