PENGEMBANGAN ANEKA KERIPIK KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN TONATAN

Meilani Rohmelia Dewi, Wahyu Linda Setianingsih, Ria Anggelia Putri, Eliana Hayu Saputri, Alpina Diah Ayu Marsela Wati, Nabila Putri Utami, Niken Sitoresmi Wulandari, Arta Ekayanti

Sari


Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produk keripik kearifan lokal di kelurahan Tonatan yang dibangun dengan kolaborasi antara masyarat dan perguruan tinggi. Masyarakat di kelurahan Tonatan memiliki banyak usaha pengolahan pangan seperti keripik namun dalam pemasarannya belum mengimplentasikan digital marketing dengan baik. Potensi sumber daya manusia, pemanfaatan hasil perkebunan dan pertanian, industri kecil emping melinjo, lempeng ketan hitam ketan hitam, brangkal, dan juga perdagangan cukup menjanjikan sebagai sumber pendapatan masyarakat di Kelurahan Tonatan. Sangat diperlukan penguasaan strategi pemasaran, kemampuan manajemen, wawasan kewirausahaan, maupun kemampuan digital marketing pelaku usaha untuk menjaga kesinambungan dari usaha ini. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pra pelatihan, kegiatan pelatihan dan pendampingan pasca pelatihan. Pada kegiatan prapelatihan dilakukan analisis kondisi awal dari para pelaku UMKM lempeng ketan hitam, brangkal dan emping melinjo. Pada tahap pelatihan diberikan materi terkait digital marketing. Sedangkan pada tahap pendampingan pasca pelatihan yaitu dilakukan pendampingan secara intensif terkait implementasi konsep digital marketing dalam menjalankan usaha. Kegiatan ini memberikan hasil yang memuaskan, terlihat dari para pelaku UMKM yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Melalui kegiatan pelatihan ini para pemilik UMKM mengetahui strategi pemasaran dan digital marketing yang baik untuk memperluas pasar. Para pelaku UMKM mencoba memasarkan produknya melalui platform digital seperti shopee. Disamping itu, dampak yang lain yaitu terjadinya peningkatan omset penjualan dari para pelaku usaha, yaitu lempeng ketan hitam mengalami kenaikan omset sebesar 10%, brangkal 7% serta emping melinjo 10%


Kata Kunci


UMKM, Pelatihan, Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Pengabdian Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Economics, D. A. (2015). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara. Retrieved from https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf

Fadly, M., Suaidah, & Alita, D. (2021). Optimalisasi Pemasaran Umkm Melalui E-Marketing Menggunakan Model Aida Pada Miss Mojito Lampung. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 416–422.

Hilmiana, & Kirana, D. H. (2022). DIGITALISASI Pemasaran Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Segarhalal. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–81.

Kannan, P. K., Hongshuang, L. (2017). Digital Marketing: A Framework,Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing (IJRM), 34(1), 22–45. Retrieved from doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip –prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: ERLANGGA.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Syahputro, E. N. (2020). Melejitnya Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Caremedia Communication.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)