PENINGKATAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL

Nila Wahyuni, Roni Ekha Putera, Wewen Kusumi Rahayu, Hidayatul Fajri

Sari


Masifnya penggunaan internet sebagai media pembelajaran masa pandemi tidak serta merta menjadikan pelajar pandai, sebab internet banyak mengandung berita tanpa melalui proses edit dan saringan. Perlu keterampilan untuk menerima, menyaring, dan menggunakan informasi dari internet yang disebut dengan literasi digital. Mitra dari kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Padang. Pemilihan mitra dilakukan karena sekolah tersebut merupakan Sekolah Ramah Anak yang nantinya bisa dijadikan pilot project bagi sekolah lain. Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode pendekatan pelatihan partisipatif dan kolaboratif yang didasarkan pada prinsip-prinsip parsipatori dengan menekankan kepada asas peran serta seluruh peserta kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama satu hari dengan memberikan pre-test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta sebelum kegiatan dimulai, selanjutnya diberikan perlakuan melalui pemaparan materi dan diskusi. Terakhir memberikan post-test setelah kegiatan berakhir untuk melihat tingkat pemahaman mitra setelah diberikan perlakuan. Hasil rata-rata pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yakni dari 13.23 poin menjadi 16.63 poin dengan rata-rata peningkatan 3.4 poin. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan PKM dengan judul “Peningkatan Pendidikan Ramah Anak Berbasis Literasi Digital” memberikan manfaat yang signifikan bagi mitra


Kata Kunci


Literasi Digital; Sekolah Ramah Anak; Partisipatif Kolaboratif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). KOMPETENSI LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN PELAJAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH KABUPATEN MALANG.

Bawden, D. (2007). Origins and Concepts of Digital Literacy. 17–32.

Budiwati, B. H. (2019). Proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now. 11(1).

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Fajri, H., Akmal, A. D., Saputra, B., Dt. Maani, K., Permana, I., Wahyuni, N., & Syafril, R. (2020). Peningkatan Keterlibatan Stakeholder Dalam Perumusan Peraturan Nagari Layak Anak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 754–761. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4550

Greene, J. A., Yu, S. B., & Copeland, D. Z. (2014). SC. Computers & Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.03.008

Lestari, M. A., & Santoso, M. B. (2019). Pelaksanaan Assertiveness Training Pada Anak Berhadapan dengan Hukum ( ABH ) di LPKA Bandung Implementation of Assertiveness Training For Children Dealing With The Law ( ABH ) in LPKA Bandung. 2(2), 104–116.

Maria, N. (2013). TERHADAP NILAI AKADEMIK MAHASISWA. 4(9), 652–658.

Nasution, Z., Kismet, A., Jati, N., Setia, S., & Sosial, M. (2019). LANGUAGE ETHICS TRAINING FOR STUDENTS IN ORDER TO INCREASE THEIR COMMUNICATION CAPABILITIES IN. 2(2), 117–128.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KUALITAS PENGGUNAAN E-RESOURCES. 3(2), 117–140.

Puspito, D. W. (2015). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL. 304–399.

Setiawan, E. P., Yogyakarta, N., & Sidobali, J. (2018). Penggunaan internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. 6(2), 169–182.

Sudira, P. (2015). Kata Kunci: learning-innovation skills (LIS), creativity, critical thinking, communication, collaboration, celebration, pemecahan masalah. 1, 1–11.

Tang, C. M., & Chaw, L. Y. (2016). Digital Literacy : A Prerequisite for Effective Learning in a Blended Learning Environment ? 14(1), 54–65.

Ting, Y. (2015). Internet and Higher Education Tapping into students ’ digital literacy and designing negotiated learning to promote learner autonomy. The Internet and Higher Education, 26, 25–32. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.04.004

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass A Wiley Imprint 989 Market Street, San Francisco, CA 94103-1741.

Wahyuni, N., Helmi, R. F., & Akmal, A. D. (2021). Advokasi Pembentukan Forum Anak Nagari. 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)