PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MASYARAKAT DI KAMPUNG NELAYAN SEBRANG MEDAN BELAWAN

Sabrina Adela Br Sibarani, Andreas Munthe, Syanti Irviantina

Sari


Dampak pandemi Covid-19 sangat memengaruhi kondisi perekonomian masyarakat di Kampung Nelayan Sebrang karena mengalami penurunan omzet penjualan akibat adanya pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah. Selama ini penjualan produk olahan masyarakat masih dilakukan secara konvensional seperti menitipkan ke tauke-tauke penampung yang ada dan di warung-warung setempat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan penguatan literasi dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat di Kampung Nelayan Sebrang serta membentuk lembaga lokal yang akan dijadikan motor penggerak dalam proses pengembangan teknologi informasi untuk memasarkan produk secara online, sehingga diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan produk olahan masyarakat di Kampung Nelayan Sebrang. Hasil dari pengabdian ini adalah Kampung Nelayan Sebrang sudah memiliki akun media sosial, Shopee, Tokopedia serta website yang digunakan sebagai wadah untuk memasarkan produk olahan masyarakat secara online yang dikelola oleh Relawan TIK

Kata Kunci


Literasi Teknologi; Konvensional; Online; Media Sosial; Website; Marketplace

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatimah, P. ., & Siregar, P. . (2020). Konsumsi Buah, Sayur Dan Ikan Berdasarkan Sosio Demografi Masyarakat Pesisir Provinsi Sumatera Utara Consumption of Fruits, Vegetables, and Fish Based on Socio-Demographic Coastal Communities of North Sumatra Province. Scientific Periodical of Public Health and Coastal, 2(1), 51–63.

Fauzi, R., & Adiputra, K. (2019). Pola Struktur Dan Magang Pada Sistem Manajemen Tangkap Nelayan Muda Di Binuangeun. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(2), 222–228.

Fedryansyah, M., Pancasilawan, R., & Zaenudin, M. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI WILAYAH DALAM PERSPEKTIF KEWIRAUSAHAAN DI DESA KADAKAJAYA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 533–538. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.30915

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Herdiansah, A. G. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PRINSIP PENTA HELIX DI DESA MARGAMEKAR KABUPATEN SUMEDANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 539–547. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.31078

Kusnadi, Abdurrahman, A., Arifin, S., & Harjito, D. A. (2008). Budaya Masyarakat Nelayan. Jelajah Budaya, 6(1), 1–19.

Resnawaty, R., Hasanah, D., & Mulyana, N. (2021). PENINGKATAN KAPASITAS PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL BAGI USAHA MIKRO DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 263–269.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37100

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)