PENINGKATAN PEMAHAMAN PENTINGNYA MOTIVASI DIRI SEBAGAI UPAYA MENCEGAH KEMALASAN SOSIAL PADA SISWA SMA

Kimmy Katkar, Pundani Eki Pratiwi, Pungky Purwaningtyastuti, Anna Dian Savitri

Sari


Tugas kelompok merupakan salah satu bentuk kewajiban yang harus dikerjakan oleh siswa sebagai bentuk proses pengembangan kompetensi diri. Namun faktanya adalah tidak semua anggota kelompok ikut kontribusi sehingga membuat anggota lain harus bekerja lebih keras. Tidak adanya motivasi diri dapat mendorong anggota kelompok cenderung berdiam diri tindak bertindak apapun untuk menyelesaikan tugas. Sikap tidak kooperatifnya dalam kelompok akan mendorong munculnya berbagai energi negatif yang dapat mengganggu keharmonisan dalam hubungan pertemanannya dan berpengaruh buruk terhadap hasil akhir. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu siswa SMA agar terhindar dari perilaku kemalasan sosial dengan cara meningkatkan motivasi diri pada masing-masing individu. Metode penyelenggaraan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara online melalui media zoom dengan memberikan ceramah, studi kasus dan permainan. Pelatihan ini dievaluasi dengan menggunakan model pengukuran pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan teknik pengkodingan deskriptif didapatkan hasil bahwa ada peningkatan motivasi diri pada siswa dari sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa, dengan adanya peningkatan motivasi diri dapat mendorong siswa agar dapat aktif berpartisipasi dalam  mengikuti segala kegiatan pembelajaran termasuk mengerjakan tugas kelompok sehingga dapat terhindar dari kemalasan sosial.


Kata Kunci


Motivasi Diri; Kontribusi; Siswa SMA; Tugas Kelompok; Kemalasan Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aspian. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik Aspian. Shautut Tarbiyah, 1–18.

Krisnasari, E. S. D., & Tjahjo Purnomo, J. (2017). Hubungan Kohesivitas Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 13(1), 13. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2586

Luo, Z., Marnburg, E., Øgaard, T., & Okumus, F. (2021). Exploring antecedents of social loafing in students’ group work: A mixed-methods approach. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 28(March). https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100314

Mubarok, & Andjani, made dwi. (2014). Komunikasi Antarpribadi Dalam Masyarakat Majemuk. In Dapur buku.

Mudjiono, D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Narulita, A., Fajar, C. M., Riesma, R. S. N., Rachman, J. B., Aditiany, S., & Dipura, D. S. (2019). Sosialisasi Citra Baru Pencak Silat sebagai Soft Power Indonesia Kepada Siswa SMP Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 72–92. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.23461

Paksi, E. W. H., Okfrima, R., & Mariana, R. (2020). Hubungan antara Kohesivitas dan Motivasi Berprestasi dengan Kemalasan Sosial pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 13(1), 53–59.

Psikologi, J. (2018). Hubungan antara Kohesivitas Kelompok dengan Kecenderungan Social Loafing pada Mahasiswa Selama Masa Pembelajaran Daring HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN KECENDERUNGAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING Chusnul Kotimah. 101–110.

Robbins, S. P & Timothy, J. A. (2013). Organizational Behavior. San Fransisco: Pearson education.

Saldana, J. (2009). The Coding Manual for Qualitative Researchers. London: Sage.

Sasmita, N. A., Mustika, M. D., Psikologi, F., & Indonesia, U. (2019). Jurnal Diversita. 5(2), 105–114.

Taiyeb, A. M., Bahri, A., & Razak, R. B. (2012). Dalam Belajar Biologi. Analisis Motivasi Berprestasi Siswa Sman 8 Makassar Dalam Belajar Biologi, 13, 77–82.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2012). Social Psychology 12th edition (Alih Bahasa Tri Wibowo B.S.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Xiangyu, Y., Huanhuan, L., Shan, J., Fei, P., & Zhongxin, L. (2014). Group Laziness: The Effect of Social Loafing on Group Performance. Social Behavior & Personality: An International Journal, 42(3), 465–471.

Yulita, I. N., & Rizka, Y. (2021). PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 494–499.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37603

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)