RINTISAN KERJASAMA INDUSTRI KELAPA UNPAD DAN MASYARAKAT SEKITAR KAMPUS DALAM MENINGKATKAN SUMBER PENDANAAN PERGURUAN TINGGI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Bambang Hermanto, Cecep Safa’atul Barkah, Healthy Nirmalasari, Farisadri Fauzan

Sari


Desa Cintaratu merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Pangandaran. Desa Cintaratu memiliki luas sebesar 1.029 hektare dan 33 hektare diantaranya adalah milik kampus Unpad di Pangandaran. Dari sekian banyak lahan tersebut, potensi kelapa sangat terlihat dari banyaknya jumlah pohon kelapa yang ada di Desa Cintaratu termasuk di kawasan kampus Unpad di Pangandaran. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi potensi tersebut sebagai sebuah langkah awal membentuk ekosistem industri kelapa di Desa Cintaratu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun kegiatan dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan yang dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa. Dalam mengumpulkan data, dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada orang-orang penting yang terlibat dalam kegiatan ekonomi terkait dengan kelapa, baik itu pengusaha kelapa, pengepul, petani, atau pemilik kebun yang ada di Desa Cintaratu. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa di Desa Cintaratu terdapat lebih dari 3.000 pohon kelapa dengan potensi kelapa yang dipanen sebesar 37.913 butir/bulan dengan kisaran potensi hasil penjualan antara 37 juta sampai dengan 113 juta rupiah per bulan bergantung dari harga kelapa saat dipanen

Kata Kunci


Industri Kelapa; Ekosistem Usaha; Potensi Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allorerung, D., & Mahmud, Z. (2003). Dukungan kebijakan iptek dalam pemberdayaan komoditas kelapa. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa V, 70-82.

Amin S dan Prabandano K. 2014.Cocopreneurship Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Yogyakarta: Lily Publisher.

Barkah, C. S. A., Hakim, M. A., & Fauzan, F. (2020). PEMETAAN SOSIOLOGIS DESA CINTARATU KABUPATEN PANGANDARAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 416-423.

Fordian, D., Dai, R. M., & Sitio, N. M. (2020). PENYUSUNAN PROFIL DESA CINTARATU BERBASIS DEMOGRAFI PEKERJAAN, PENDAPATAN DAN SUMBER PENGHIDUPAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6-9.

Mahmud, Z. dan Ferry, Y. (2005). Prospek Pengolahan Hasil SampingBuah Kelapa. Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri4(1):55–63.

Muttaqin, Z., Sukoco, I., & Thirafi, L. (2020). PEMETAAN JARINGAN KOMUNIKASI BISNIS USAHA EKSTRAKTIF (PERTANIAN, PERIKANAN DAN PETERNAKAN). Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 398–404.

Nasution, A., & Rachmat, M. (1993). Agribisnis Kelapa Rakyat di Indonesia: Kendala dan Prospek.

Sivapragasam, A. (2008, November). Coconut in Malaysia–current developments and potential for revitalization. In 2nd International Plantation Industry Conference and Exhibition (IPICEX2008), (November) (pp. 1-9).




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.38716

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)