http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
PENDAMPINGAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) JATINEGARA KAUM JAKARTA TIMUR | Nara | Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENDAMPINGAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) JATINEGARA KAUM JAKARTA TIMUR

Hartini Nara, Siti Nuraini Purnamawati, Rahmarini Firdausy, Hana Sajidah, Julia Jasmine, Hadha Aditya Nugraha

Sari


Rusunawa Jatinegara Kaum merupakan sebuah perumahan sederhana di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Di rusunawa ini, terdapat setidaknya 51 anak berkebutuhan khusus dengan beberapa hambatan yang berbeda. Di samping itu, para orang tua dari anak berkebutuhan khusus di sini tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengasuh, menangani, dan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka. Penyebabnya antara lain minimnya pengetahuan dan informasi mengenai penanganan anak berkebutuhan khusus dan pendidikannya, tidak menyadari bahwa anak mereka berkebutuhan khusus, latar belakang pendidikan orang tua yang rendah sehingga mengesampingkan pendidikan anak, kemampuan komunikasi yang kurang baik, serta kondisi ekonomi yang berdampak pada pendidikan anak.  Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberi edukasi bagi orang tua anak berkebutuhan khusus dalam menangani, mendidik, mengasuh, serta mendukung keterampilan dan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah pendampingan berupa workshop, focus group discussion (FGD), serta konsultasi. Hasil dari kegiatan ini antara lain meningkatnya kesadaran dan pemahaman orang tua anak berkebutuhan khusus dalam mendampingi dan menangani anak-anak mereka, serta membangun komitmen orang tua dalam membersamai dan mendampingi anak berkebutuhan khusus. Adapun luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah video kegiatan yang diunggah di kanal YouTube, artikel yang dipublikasikan di jurnal, poster pengabdian kepada masyarakat, berita atau artikel online yang diunggah di redaksi fokusatu.com dan channel9.id, serta terjalin kemitraan antara Prodi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan warga Rusunawa Jatinegara Kaum.


Kata Kunci


Pendampingan; Orang Tua; Anak Berkebutuhan Khusus; Rusunawa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindita, A. R., & Apsari, N. C. (2019). PELAKSANAAN SUPPORT GROUP PADA ORANGTUA ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 208–218.

Arti kata konsultasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). KBBI. Retrieved July 19, 2022, from https://kbbi.web.id/konsultasi

Darwis, R. S., Resnawaty, R., & Nuriyah, E. (2020). PENINGKATAN SENSITIVITAS KEPEMIMPINAN LOKAL DALAM PENGELOLAAN SUNGAI CITARUM MELALUI TEKNIK PARTICIPATORY RURAL APPRAISAL (PRA) DI DESA RANCAMANYAR. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 48–59.

Denny, L., Minggo, Y. D. B. R., & Erfin, L. (2021). Pengaruh Penghasilan Orang Tua Nelayan Terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus Anak Nelayan Pole and Line di Desan Pemana Kabupaten Sikka). AQUANIPA Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan, 3(2). http://aquanipa.nusanipa.ac.id/index.php/projemen/article/view/33/45.

Dermawan, O. (2013). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. PSYMPATHIC Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MENJALANI PENDIDIKAN INKLUSI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473–483.

Maysa, P., & Khairiyah, U. (2019). Hardiness dan Stres Pengasuhan pada Ibu dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal RAP UNP, 10(1), 88-101.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117-127.

Puspitasari, B., & Hikmah, A. (2015). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pola Asuh pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Nurul Ikhsan. Jurnal Kebidanan Dharma Husada, 4(2), 81-89.

Rani, K., Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orang Tua dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.

Reefani, N. K. (2016). Panduan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: KYTA.

Sidiq, I. I., Amalia, R. M., & Darmayanti, N. (2022). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK SISWA-SISWI AUTIS TINGKAT SMA DI SEKOLAH KHUSUS (SKH) BINTANG HARAPAN BANDUNG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 538–544.

Sriyanti, L. (2020). Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus; Panduan Praktis di Sekolah. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1617/1438

Suprayekti, & Anggraeni, S. D. (2017). Pelaksanaan Program Workshop "Belajar Efektif" untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12(2), 129-136. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1202.5

Tarjiah, I., Supena, A., & Kurniawan, E. (2022). Pendampingan Orang Tua dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Susun Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 25-40. DOI: 10.24036/sb.01980




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.42591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)       

http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/