PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGHANTARKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA BAGI GURU-GURU PAUD SE-KECAMATAN PANYILEUKAN KOTA BANDUNG

Hery Wibowo, Sahadi Humaedi, Maulana Irfan, Meilanny Budiarti Susanto, Santoso Tri Raharjo, Nurliana Cipta Apsari

Sari


Guru merupakan komponen pendidikan bangsa yang penting. Maka, segala upaya meningkatkan kapasitas guru, seyogyanya merupakan yang perlu diprioritaskan. Pembelajaran bermakna, dengan menggunakan skema daur belajar merupakan merupakan salah satu metode untuk menggugah peserta didik berpikir dan mampu mengungkapkan pendapatnya. Praktik pengabdian masyarakat ini berbentuk aksi memberikan pelatihan kepada para guru, yaitu pelatihan pembelajaran bermakna melalui optimasi aplikasi daur belajar. Pelatihan ini disampaikan oleh narasumber yaitu fasilitator atau guru yang ahli. Bentuk pelatihan ini melibatkan penggunaan berbagai media pembelajaran dan teknik seperti permainan, puisi, gambar, dan video. Langkah-langkah pengajaran termasuk pengalaman langsung dengan materi, pengungkapan perasaan peserta, analisis bersama, penyimpulan, dan penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui hal ini, guru diharapkan dapat meningkatkan luaran proses pembelajarannya. Pelatihan diikuti oleh lebih dari dua puluh guru Pendidikan Anak Usia Dini di lingkungan kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dalam mengajar dan memberikan dampak positif pada proses belajar mengajar. Kesinambungan dalam upaya peningkatan kualitas guru diharapkan dapat terus dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih baik secara berkelanjutan.

 

Teachers are an important component of the nation's education. Therefore, all efforts to improve the capacity of teachers should be prioritized. Meaningful learning, using the learning cycle scheme, is one method to inspire students to think and be able to express their opinions. This community service practice takes the form of providing training to teachers, namely meaningful learning training through optimizing the learning cycle application. This training is delivered by resource persons, namely facilitators or expert teachers. This form of training involves the use of various learning media and techniques such as games, poems, pictures, and videos. Teaching steps include direct experience with the material, expression of participants' feelings, joint analysis, summarization, and application of the material in daily life. Through this, teachers are expected to improve their learning process outcomes. The training was attended by more than twenty Early Childhood Education teachers in the Panyileukan sub-district of Bandung City. This training is expected to improve the quality of teachers in teaching and have a positive impact on the teaching and learning process. Sustainability in efforts to improve the quality of teachers is expected to continue to be carried out to achieve better results sustainably.


Kata Kunci


Pembelajaran, Guru, Pelatihan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asifuddin, A. F. (2012). Pendidikan Islam, Basis Pembangunan Umat (1 ed.). Solo, Jawa Tengah, Indonesia: Penerbit Naashiru Sunnah.

Cowie, H., & Jennifer, D. (2009). Penanganan Kekerasan di Sekolah. Jakarta: PT INDEKS.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Elfindri, Rumengan, J., Wello, M. B., Tobing, P., Yanti, F., Zein, . . . Indra, R. (2010). Softskill untuk Pendidik. Pekanbaru, Indonesia: Meduase Media.

Hendarman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial (Vol. 1). Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kasali, R. (2018). The Great Shifting. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2019). Sentra Inspiring School. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Mizan Media Utama.

Lall, M., & sharma, S. (2009). Personal Growth and Training & Development. New Delhi: Excel Books.

Natuna, D. A. (2007). Pemikiran Kewirausahaan Pengelola Sekolah: Analisis Aspek Relevansi Pendidikan. In Isjoni, Paradigma Pembelajaran Bermakna (p. 143). Bandung: Penerbit Falah.

Rohman, S. (2021). Berpikir Kritis. Tangerang Selatan: Penerbit Alvabet.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran (7 ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Satria, A. (2021). Mindset Baru untuk Transformasi. Bogor Jawa Barat: Penerbit IPB Press.

Sa'ud, U. S. (2020). Inovasi Pendidikan. Bandung Jawa Barat: Penerbit Alvabeta.

Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Sudarma, M. (2021). Merdeka Belajar: Menjadi Manusia Autentik. Jakarta, Indonesia: PT Elex Media Komputindo.

Yuwono, I., Suhariadi, F., Handoyo, S., Fajrianthi, Muhammad, B. S., & Septarini, B. G. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Penerbit Fakultas Psikologi Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.45124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)