PENYULUHAN HUKUM JUAL BELI ONLINE GUNA MENINGKATKAN LITERASI TRANSAKSI E-COMMERCE SISWA DI KOTA PALANGKA RAYA

Elin Sudiarti, Evi Evi, Yurika Fahliany Dewi, Nuraliah Ali

Sari


Lonjakan drastis angka jual beli secara online tidak diimbangi dengan kemelekan penjual dan pembeli akan pengaturan hukum terkait transaksi jual beli online dan perlindungan hukum jika terjadi sengketa jual beli yang merugikan konsumen, termasuk konsumen kalangan pelajar. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait jual beli online dalam perspektif hukum. Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kemelekan atau literasi siswa dalam melakukan transaksi pada online shop atau e-commerce. Metode kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan hukum yang secara garis besar terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebanyak 53 siswa siswi SMK Karsa Mulya mengikuti pretest yang dilanjutkan dengan menerima materi terkait jual beli online dari perspektif hukum perdata dan pidana. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan evaluasi yakni tanya jawab dan pemberian post test. Hasil kegiatan diperoleh informasi peningkatan pengetahuan dan pemahaman akan pengaturan transaksi jual beli, hak dan kewajiban penjual dan pembeli dalam transaksi online, perlindungan hukum bagi konsumen dan langkah hukum apa yang dapat ditempuh bilamana salah satu pihak dalam transaksi jual beli online merasa dirugikan. Dengan kemelekan siswa terhadap kebijakan pemerintah terkait perlindungan konsumen dalam jual beli online diharapkan menutup kemungkinan terjadinya cidera janji terhadap hak-hak bagi pembeli atau konsumen.

 

The drastic increase in the number of online buying and selling transactions is not directly proportional to the increase in sellers' and buyers' knowledge regarding the legal regulation of online trading transactions and their understanding of legal protection in the event of a buy-sell dispute that is detrimental to consumers, including student consumers. This Community Service aims to provide an understanding of online buying and selling from a positive legal perspective. Through this service, students can increase literacy in carrying out transactions in online shops or e-commerce. The method used in this service is legal counseling. It consists of the planning, implementation, and evaluation stages. Amount of 53 SMK Karsa Mulya students took the pretest and received material related to online buy-sell from a civil and criminal law perspective. Ultimately, the activity closed with an evaluation. The results of the service are the increasing knowledge and understanding by students regarding the regulation of trading transactions, the rights and obligations of sellers and buyers in online transactions, legal protection for consumers, and what legal steps they can choose if one of the parties to an online transaction feels disadvantaged. With students' literacy of government policies related to consumer protection in online buying and selling, it will close the possibility of default on the rights of buyers or consumers.


Kata Kunci


Literasi Digital; Transaksi Online; Jual Beli; Online Shop; Wanprestasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 134–148.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Rineka Cipta.

Damanik, M. J., Marpaung, R., & Purba, P. (2023). Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 101–104.

Hasibuan, S., & Rahmania, N. (2020). TINJAUAN YURIDIS WANPRESTASI ATAS PERJANJIAN JUAL BELI ONLINE. JURNAL DIMENSI, 9(1), 87–98. https://doi.org/10.33373/dms.v9i1.2327

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566

Kakoe, S., Ruba’i, M., & Madjid, A. (2020). Perlindungan Hukum Korban Penipuan Transaksi Jual Beli Online Melalui Ganti Rugi Sebagai Pidana Tambahan. JURNAL LEGALITAS, 13(02), 115–128. https://doi.org/10.33756/jelta.v13i02.7612

Maulidasari, C. D., & Damrus, D. (2020). DAMPAK PEMASARAN ONLINE DI ERA COVID-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2620

Pratomo, S. D. (2022). PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI ANTARA KONSUMEN PENGGUNA TRANSAKSI ELEKTRONIK (E-COMMERCE) DENGAN MARKETPLACE SHOPEE. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Purwanto. (1999). Psikologi Pendidikan. PT Rosda Karya.

Rahmat, P. S. (2019). FENOMENA CARA BELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(01), 82–91. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2020

Riawan, B., & Mahartayasa, I. M. (2015). Perlindungan Konsumen Dalam Kegiatan Transaksi Jual Beli Online Di Indonesia. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, 3(1).

Ridwan, H., Masrul, M., & Juhaepa, J. (2018). KOMUNIKASI DIGITAL PADA PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT E-COMMERCE DALAM PENDEKATAN JEAN BAUDRILLARD. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 99–108. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.17

Rohmah, S. N. (2020). Adakah Peluang Bisnis Ditengah Kelesuan Perekonomian Akibat Corona Virus Covid-19. ‘Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 73.

Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/maj.v5i4.5571

Sharma, P. (2014). Research Methodology: A step-by-step guide for beginers. SAGE Publication.

Sudiarti, E., & Ali, N. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Pemberi Pinjaman Terhadap Resiko Gagal Bayar Pinjaman Online. Palangka Law Review, 3(1), 14–31. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/palarev.v3i1.9487

Sujiono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). TRANSFORMASI DIGITAL : PERAN KEPEMIMPINAN DIGITAL. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan LockdownSebagai AntIsIp asi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.49755

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)