PENERAPAN DIGITAL MARKETING MELALUI E- COMMERCE TOBEL (TOKO BELI) DI DESA BONTOSUNGGU KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN

Andi Sawe Ri Esso, Muhammad Yahya, Kherayani Nur

Sari


Teknologi yang begitu pesat memberikan kemudahan dalam bermobilisasi pada semua aspek di kehidupan manusia, Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan memberikan kemudahan para pelaku UMKM di Kecamatan Bajeng Desa. Bontosunggu, Kabupaten Gowa. Saat ini pengetahuan para pelaku UMKM kurang memanfaatkan teknologi yang berkembang. Kurangnya sosialisasi dan pengetahuan teknologi telah menghambat perkembangan pemasaran UMKM di daerah tersebut. Solusi yang dapat diterapkan untuk mitra binaan adalah pemanfaatan aplikasi digital marketing dalam aspek manajemen. Toko Beli dalam memasarkan Produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan digital marketing melalui e-commerce bagi Tobel Toko Beli di Desa Bontosunggu. Kegiatan ini mengadopsi pendekatan partisipatif. Metode pelatihan, konsultasi, dan pelaksanaan praktik lapangan telah digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Dengan tersebut, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang digital marketing dan mampu mengimplementasikan dalam memasarkan produknya.

 

The rapid advancement of technology provides convenience in various aspects of human life, which undoubtedly saves time and offers benefits to small and medium-sized enterprises (UMKM) stakeholders in the Bajeng District, Bontosunggu Village, Gowa Regency. Currently, the knowledge of UMKM stakeholders in utilizing evolving technology is limited. The lack of socialization and technological awareness has hindered the development of UMKM marketing in the area. The solution that can be applied to our partner is the utilization of digital marketing applications in the management aspect. "Toko Beli" in marketing UMKM products. This research aims to optimize the implementation of digital marketing through e-commerce for "Toko Beli" in Bontosunggu Village. This activity adopts a participatory approach. Training, consultation, and field practice methods have been used to enhance understanding and skills. Consequently, it can improve community's understanding of digital marketing and their ability to implement it in marketing their products.


Kata Kunci


UMKM, Aplikasi, e-commerce, Tobel, Android, Pemasaran Produk Lokal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fithri, D. L., Utomo, A. P., & Nugraha, F. (2017). Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 819. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1622

Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1–24.

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357

Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526.

Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-Commerce Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 14. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.23656

Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Ujianti, R. M. D., Muflihati, I., & Nada, N. Q. (2022). Online marketing assistance with e-commerce at UKM Athaya Kitchen Semarang. Community Empowerment, 7(9), 1538–1542. https://doi.org/10.31603/ce.7750




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.50010

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)