IMPLEMENTASI MSMES DEVELOPMENT DI TAMAN LIMO JATIWANGI DARI PROGRAM COMMUNITY EMPOWERMENT COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA

Sankist Herdiyani, Cecep Safa'atul Barkah

Sari


Untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, Indonesia harus memiliki rasio kewirausahaan minimal sebesar 4% dari populasi penduduk. Kini, Indonesia baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,74%. Maka perlunya peningkatan jumlah wirausaha melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Departemen Public Affairs, Communications and Sustainability (PACS) di Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEPI) Bekasi 2 Plant berkontribusi pada pemerintah dalam mengembangkan UMKM agar berpotensi menjadi wirausaha melalui program community empowerment dengan merealisasikan MSMEs Development pada UMKM di Taman Limo Jatiwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari program MSMEs Development CCEPI pada UMKM dan dampak yang dirasakan bagi UMKM dan CCEPI. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualititatif deskriptif. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triagulasi sumber. Hasil dari penelitian ini ialah terealisasinya program MSMEs Development dengan memberikan dampak yang baik pada UMKM dan tercapainya tujuan CCEPI sehingga membuahkan hasil kontribusi pengembangan UMKM terhadap program pemerintah dalam meningkatkan wirausaha di Indonesia.

 

To become a developed country in 2045, Indonesia must have an entrepreneurship ratio of at least 4% of the population. Currently, Indonesia has only reached an entrepreneurship ratio of 3.74%. So, there is a need to increase the number of entrepreneurs through Micro, Small, and Medium-sized Enterprises (MSMEs). The Public Affairs, Communications, and Sustainability (PACS) Department at Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEPI) Bekasi 2 Plant contributes to the government in developing MSMEs to have the potential to become entrepreneurs through the community empowerment program by realizing MSMEs Development in MSMEs in Taman Limo Jatiwangi. This research aims to determine the implementation of the MSMEs Development CCEPI program on MSMEs and the impact felt on MSMEs and CCEPI. This type of research uses descriptive qualitative methods. The data analysis process in this research is data collection, data reduction, data display, and data verification. The validity of the data was checked using source triangulation techniques. The result of this research is the realization of the MSMEs Development program by having a good impact on MSMEs and CCEPI resulting in the contribution of MSME development to government programs in increasing entrepreneurship in Indonesia.


Kata Kunci


Community Empowerment, Kewirausahaan, MSMEs Development, UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agrina, C. R., & Kirana, D. H. (2023). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Pembenahan Manajemen Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Industri Kuliner. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3).

CCEP. (2022). Program Desa Bestari di Jawa Barat Melebarkan Program Pengelolaan Sampah bagi Masyarakat. Cocacolaep.Com. https://www.cocacolaep.com/id-id/berita/2022/program-desa-bestari-di-jawa-barat/

Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro –Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127–138.

Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183.

Moerdijat, L. (2023). Butuh Konsistensi Cetak Wirausaha Muda untuk Wujudkan Indonesia sebagai Negara Maju. Mpr.Go.Id. https://www.mpr.go.id/berita/Butuh-Konsistensi-Cetak-Wirausaha-Muda-untuk-Wujudkan-Indonesia-sebagai-Negara-Maju

Muhamad, N. (2023). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM di Indonesia Berdasarkan Kelasnya (2021). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya#:~:text=Kementerian%20Koperasi%20dan%20Usaha%20Kecil,UMKM)%20di%20Indonesia%20pada%202021.

Nuraeni, I. S., & Aziz, R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Program CSR PT. Coca-Cola Amatil Indonesia. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(1).

PRIndonesia. (2020). Tak Terpisahkan, “Public Affairs” dan Keberlanjutan Usaha. Prindonesia.Co. https://www.prindonesia.co/detail/2033/Tak-Terpisahkan-Public-Affairs-dan-Keberlanjutan-Usaha

Sitepu, S. N. B., Teguh, M., Sienatra, K. B., & Kenang, I. H. (2023). Pendampingan Wirausaha Muda Untuk Membangun Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (Umkm) Di Provinsi Bali. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 742–752.

Winoto, Y. (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa (Pusdes) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Edulib, 9(1), 79–94.

Yusuf, A. M. (2017). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Kencana.

Zefriyenni, Z., Eliza, E., Azka, B. P., & Lusiana, L. (2022). Pengembangan UMKM Berbasis Digital Pada UMKM Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 558–564.

Zia, H. (2020). Pengaturan Pengembangan UMKM di Indonesia. Rio Law Jurnal, 1(1).

Zikrullah, Z., Nuringwahyu, S., & Hardati, R. N. (2020). Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus Pada Csr Pt. Amman Mineral Nusa Tenggara). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 454–465.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.52547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)