EVALUASI MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI DALAM UPAYA PENGUATAN KELEMBAGAAN EKONOMI MASYARAKAT Studi Kasus Pengembangan Model Komunikasi Pemasaran Koperasi Petani Cabai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat

Ilham Gemiharto, Duddy Zein, Kismiyati El Karimah

Abstract


Tulisan ini membahas hasil penelitian mengenai pengembangan model komunikasi pemasaran bagi koperasi sebagai upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat dengan mengambil studi kasus pengembangan model komunikasi pemasaran koperasi petani cabai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana evaluasi model komunikasi pemasaran yang dilakukan terhadap lembaga ekonomi masyarakat seperti koperasi dapat memberikan solusi alternatif yang lebih baik dalam upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat.

Sektor pemasaran bagi lembaga koperasi yang memiliki usaha produksi dalam bidang pertanian merupakan  sektor yang vital untuk dapat terus berkembang. Dari hasil evaluasi yang dilakukan ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan tertinggalnya badan usaha koperasi dibandingkan perusahaan lainnya jika dilihat dari aspek pemasarannya. Diantaranya adalah biaya pengolahan bahan baku yang relatif tinggi sedangkan harga penjualan rendah, kualitas barang produksi yang dihasilkan masih rendah, barang hasil produksi kurang dikenal pasar karena kurangnya promosi,  rendahnya pemahaman pengurus koperasi dalam informasi pasar,  belum menerapkan teknik pemasaran yang efektif, dan daerah pemasarannya masih bersifat lokal dan belum mampu bersaing di pasar regional atau nasional.

Penelitian ini mencoba mengevaluasi model komunikasi pemasaran yang selama ini dijalankan oleh koperasi sebagai suatu lembaga ekonomi masyarakat.  Dengan mengambil studi kasus dari koperasi petani cabai di Kabupaten Garut, melalui penelitian ini dikembangkan suatu model komunikasi pemasaran yang lebih memadai bagi koperasi yang bergerak dalam usaha produksi pertanian dan mengandalkan kemajuan usahanya dalam bidang pemasaran hasil produksi.

Kata kunci: komunikasi pemasaran, model komunikasi pemasaran, koperasi produksi, penguatan lembaga ekonomi, Kabupaten Garut.   

 
 

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2015. Jawa Barat Dalam Angka. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.

Denzin, Norman K. dan Guba, Egon. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial; Pemikiran dan Penerapannya, Penyunting: Agus Salim. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Dinas KUKM Kabupaten Garut. 2015. Profil Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, 2015. Garut: Dinas KUKM.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran I. Jakarta: Erlangga.

Limbong, W.H. 2007. Pengantar Tataniaga Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 2012. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Rosda.

Morissan, 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Kencana.

Mubyarto.2007. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. 2015. Profil Kabupaten GarutTahun 2014.

Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing Communication. Oxford, UK: Elsevier.

Saefudin, A.M. 2009. Pengkajian Pemasaran Komoditas Hortikultura. Bogor: Institut Pertanian Bogor.


Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

 

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363. Telepon: +62227796954; Faksimile: +62227794122

email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats