CHINESE HARMONY COMMUNICATION THEORY: KOMPETENSI KOMUNIKASI UNTUK KESEIMBANGAN HIDUP
Abstract
Chinese Harmony Communication Theory lahir sebagai sebuah wujud usaha aktif untuk mengimbangi teori-teori komunikasi barat, dengan cara mengeksplorasi teori-teori yang berasal dari falsafah hidup orang timur. Salah satu falsafah yang penting untuk digali dalam kaitannya dengan interaksi manusia adalah falsafah orang Cina. Teori yang dikemukakan oleh Guo-Ming Chen pada tahun 2006 ini memperlihatkan bagaimana budaya cina memegang pandangan holistik mengenai komunikasi manusia sebagai sebuat kesatuan besar di mana subjek dan objek secara bersamaan saling melengkapi dan saling padu, lalu manusia cenderung untuk tenggelam dalam kelompok atau secara kolektif berorientasi pada proses interaksi sosial yang tiada akhir. Orang Cina percaya bahwa harmoni tidak hanya panduan untuk mengatur proses komunikasi yang tiada akhir, namun juga tujuan akhir dari komunikasi manusia itu sendiri. Etika komunikasi manusia adalah untuk mencapai kerja sama antar pelaku komunikasi yang berbasis pada ketulusan dan kebersamaan. Dalam interaksi manusia keseharian, orientasi harmoni terihat dari gaya interaksi yang tidak langsung, halus, adaptif atau penuh penyesuaian, konsensual, dan ramah.Artikel ini menjelaskan Chinese Harmony Communication Theory secara komprehensif dengan menggunakan studi literatur. Di dalamnya dipaparkan sejarah teori, asumsi-asumsi, contoh aplikasi, hingga keterkaitan dengan teori lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, Guo Ming, William J. Starosta, 1997, Chinese Conflict Management and Resolution: Overview and Implication”, Journal of Intercultural Communication Studies VII: 1 1997-8
Chen, Guo Ming, An Introduction to Key Concepts in Understanding the Chinese: Harmony as the Foundation of Chinese Communication, China Media Research, 7(4), 2011
Chen, Guo-Ming, 2009, Toward an I Ching Model of Communication, China Media Research, 5(3)
Chen, Guo Ming, 2008, Towards Transcultural Understanding: A Harmony Theory of Chinese Communication, China Media Research, 4(4), 2008
Cheng, Yung Ching, 2009, On Harmony As Transformation: Paradigms From The Yijingjournal Of Chinese Philosophy, Supplement To Volume 36 (2009) 11–36
Cheng, C.-Y. Toward constructing a dialectics of harmonization: Harmony and conflict in Chinese philosophy. Journal of Chinese Philosophy 33 (2006). 25–59. http://dx.doi.org.sci-hub.org/10.1111/j.1540-6253.2006.00389.x
Fung Yu-Lan. 1990. Sejarah Ringkas Filsafat Cina: Sejak Confucius sampai Han Fei Tzu. Yogyakarta: Liberty.
George Ritzer & Douglas J.Goodman.2011.Teori Sosiologi, Edisi terbaru.Bantul:Kreasi Wacana
Jia, Wenshan, Xing Lu, D Ray Heisey, 2002, Chinese communication theory and research : reflections, new frontiers, and new directions Westport, Conn: Ablex, diakses 10 Desember melalui http://www.worldcat.org/title/chinese-communication-theory-and-research-reflections-new-frontiers-and-new-directions/oclc/260093614
Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Leung, K., Koch, P. T., and Lu, L. A dualistic model of harmony and its implications for conflict management in Asia. Asia Pacific Journal of Management 19 (2–3) (2002). 201–220.http://dx.doi.org.sci-hub.org/10.1023/A:1016287501806
Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss, 2009, Encyclopedia of Communication Theory: Online Publication Version (September 17, 2009), page 96-97, Sage Publication http://dx.doi.org.sci-hub.org/10.4135/9781412959384
Miller, Katherine, 2002, Communication Theories: Perspectives, processes, and context, Boston: McGraw-Hill
Takwin, Bagus, 2003, Filsafat Timur: Sebuah Pengantar ke Pemikiran-Pemikiran Timur, Yogyakarta: Jalasutra
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.20655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: