MOTIF ANGGOTA KOMUNITAS HIP HOP BANDUNG

Achwan Noorlistyo Adi, Dedi Rumawan Erlandia, Antar Venus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif anggota komunitas memilih musik Hip Hop sebagai musik kesukaannya dan untuk mengetahui motif anggota komunitas untuk bergabung ke dalam komunitas Hip Hop Bandung.

Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi dari pemikiran Alferd Schutz. Teknik pengumpulan data penelitian yang paling utama digunakan adalah wawancara mendalam kepada 7 (tujuh) orang informan yang merupakan anggota komunitas musik Hip Hop Bandung. Lokasi dalam penelitian adalah basecamp RUN BDG, Black Boi studio, dan Area Car Free Day Cikapayang, Dago Bandung. Adapun pelaksanaan wawancara dilakukan dalam kurun waktu dua bulan, terhitung mulai tanggal 17 Maret 2016 – 28 Mei 2016.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif anggota dalam memilih musik Hip Hop adalah terbiasa mendengarkan musik Hip Hop pada masa lalu, adanya keinginan untuk berbeda dengan orang lain, dan memilih musik Hip Hop karena pengaruh dari orang lain. Motif untuk bergabung anggota komunitas Hip Hop terutama RUN BDG dibagi 2, because of motives dan in order to motives. Because of motives berupa ajakan dari pendiri dan in order to motives berupa keinginan untuk meningkatkan kualitas diri, mencari penghasilan, serta menjaga eksistensi komunitas Hip Hop di Bandung.

Selain motif, penelitian ini juga menghasilkan makna musik Hip Hop bagi anggota komunitas musik Hip Hop di Bandung. Setiap anggota memaknai musik Hip Hop berbeda-beda sesuatu dengan apa yang dirasakan dan apa yang dilakukan. Makna musik Hip Hop yaitu sebagai simbol protes dan perjuangan, simbol universal, ketegasan dan kelugasan, simbol keasyikan serta simbol kehidupan dan kebebasan berekspresi.

Keyword : Motif, Makna, Because of motives, In order to motives, Hip Hop, Komunitas, Musik


References


Gerungan, W. (2010). Psikologi Sosial. Bandung, Jawa Barat: Refika Aditama.

Kuswarno, E. (2009). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

--------------. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

www.hiphopindo.net

www.wikipedia.co.id

Sri Ilda Nasri. 2014. Konstruksi Makna Rap Competition 2013. Hubungan Masyarakat. Universitas Padjadjaran

Adinda Mayorita. 2014. Perilaku Komunikasi Komunitas Metal Mogerz. Hubungan Masyarakat. Universitas Padjadjaran


Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

 

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363. Telepon: +62227796954; Faksimile: +62227794122

email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats