Introduksi Imbuhan Pakan dalam meningkatkan Minat Budidaya Ikan di Desa Nagrog

Kiki Haetami, Yuniar Mulyani, Abun Hasbuna

Abstract


Desa Nagrog merupakan salah satu desa yang memiliki banyak potensi salah satunya dalam bidang perikanan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yaitu program Pengabdian kepada Masyarakat yang berlangsung dari 6 Januari 2023 - 13 Maret 2023 dengan tujuan memberikan pengetahuan untuk memberdayakan masyarakat desa Nagrog melalui Inroduksi Imbuhan Pakan dalam meningkatkan minat Budidaya Ikan”. Selain itu diadakan kegiatan ini untuk mengetahui antusias warga dalam melakukan budidaya ikan. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat khususnya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Hasil yang telah dicapai pada kegiatan ini yaitu masyarakat telah memahami potensi dalam bidang perikanan desa Nagrog serta mengetahui tingkat antusias masyarakat di Desa Nagrog.

 Kata kunci: Nagrog, Budidaya, Perikanan, Pemberdayaan,


Full Text:

PDF

References


Dault A. 2007. Peningkatan peran pemuda dalam pembangunan kelautan dan perikanan di Kabuoaten Sukabumi, Jawa Barat. [Disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. 176 p.

Pramono D. 2005. Budaya Bahari. Jakarta (ID): Gramadia Pustaka Utama. 179 p.

Nikijuluw VPH. 2005. Politik Ekonomi Perikanan, Bagaimana dan Keamanan Bisnis Perikanan. Jakarta (ID): L Ferry Agung Corporation. 314 p.

Asriyana, Irawati, N., & Haslianti, (2018). Community Empowerment Based on Potential of Marine Resources in Tanjung Tiram Village, South Konawe District, Southeast Sulawesi. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.4.1.12-21

Hastuti. (2020). Pengawasan Mutu Hasil Perikanan Melalui Pengujian Staphylococcus Aureus. Guepedia. https://books.google.co.id/books/about/Pengawasan_Mutu_Hasil_Perikanan_Melalui.html?id=MfFBEAAAQBAJ&redir_esc=y

Suryanegara. (1977). Sumber Daya Menurut Para Ahli.




DOI: https://doi.org/10.24198/mktt.v6i1.52297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kiki Haetami, Yuniar Mulyani, Abun Abun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Media Kontak Tani Ternak is indexed in:

     

    

In association with: