Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat

DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3

Prosiding ini merupakan kumpulan tulisan hasil kerjasama antara para mahasiswa tingkat akhir program studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD. Para mahasiswa didorong dan dimotivasi untuk mampu membaca tiga hal, yaitu membaca diri sendiri, membaca masyarakat dan membaca literatur. Kemampuan membaca tesebut dan dengan terus berlatih akan membentuk para mahasiswa untuk selalu bersikap kritis terhadap perkembangan internal dan eksternal (di luar dirinya).
Peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi (karya ilmiah) civitas akademika akan terwujud, manakala terdapat keseriusan, kesabaran dan konsistesi dari setiap komponen civitas akademika itu sendiri. Namun sebelum i prasyarat itu ada dan dilakukan; terdapat prasyarat penting dan mendasar yaitu ‘dorongan diri’ (self driving) dari setiap insan akademis. Dorongan (drive) tersebut dapat sebagai berupa upaya mencapai prestasi diri sendiri, atau sebagai bagian tanggung jawab diri untuk menyebarkan luaskan gagasan-gagasan pemecahan masalah sosial di sekitar mereka, atau dorongan akdemik lainnya. Namun, apa pun alasan dari dorongan diri ‘prestatif’ tersebut, pada akhirnya akan meningkatkan performance lembaga atau organisasi ‘rumah’nya; baik pada level terendah hingga level tertiggi. Namun hal ini belum lah cukup.
Kekuatan prestatif tersebut akan sangat ‘luarbiasa’ dampaknya (bahkan diri sendiri tidak akan pernah menduganya), manakala dari setiap insan akademis terdapat keterbukaan, kejujuran dan keikhlasan untuk berkolaborasi, bekerjasana dan apresiatif terhadap masing-masing karya dan upaya yang telah dilakukan. Prinsip-prinsip, nilai-nilai dan etika pekerjaan sosial sesungguhnya sangat memandu setiap insan akademis untuk berprestasi dan memiliki tanggung jawab untuk bertindak secara profesional. Esensinya adalah bahwa setiap upaya dan proses positif yang dilakukan masing-masing diri ‘insan akademis’ akan bermanfaat luas, bukan saja untuk dirinya sendiri. Penulisan dan penyusunan buku ini mudah-mudahan akan membawa manfaat bagi setiap diri, lembaga dan pengembangan profesi pekerjaan sosial di Indonesia.
Hampir seluruh tulisan yang terdapat prosiding ini, merupakan produk pembelajaran terintegratif yang ada di Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP – UNPAD, khususnya mata kuliah Penelitian Pekerjaan Sosial, dimana para mahasiswa dan dosen bermitra dalam membuat tulisan bersama. Sedangkan sumber-sumber dari ide penulisan dapat saja berasal dari dosen, dari mahasiswa, atau hasil diskusi antara dosen dan mahasiswa. Dalam kenyataannya, sebagian besar ide penulisan berasal dari mahasiswa, yang selanjutnya dikolaborasikan dengan para dosennya (khususnya para pembimbing penulisan ksripsinya). Melalui mata kuliah penelitian pekerjaan sosial para staf pengajar dan mahasiswa didorong untuk membuat tulisan bersama mengenai isu-isu kekinian kontemporer yang masih tetap menjadi perhatian dan tema hangat di masyarakat, pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya. Hasil penulisan bersama ini diharapkan akan muncul gagasan-gagasan solutif orisinal terhadap berbagai persoalan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Daftar Isi

Artikel

Gevia Nur Isna Deraputri, Nunung Nurwati, Risna Resnawaty
PDF
292
Martha Sintaully Agustine, Risna Resnawaty, Meilanny Budiarti S.
PDF
299
Siti Zahara Nur Mega, Risna Resnawaty, Lenny Meilany
PDF
303
Chenia Ilma Kirana, Hery Wibowo, Santoso Tri Raharjo
PDF
307
Fitri Nuryanti Sahlan, Budhi Wibhawa, Maulana Irfan
PDF
311
Rivanlee Anandar, Budhi Wibhawa, Hery Wibowo
PDF
317
Franzeska Venty WD, Budhi Wibhawa, Budi M. Taftazani
PDF
327
Rahmania Rahmania, Nunung Nurwati, Budi M. Taftazani
PDF
334
Githa Muthia, Hetty Krisnani, Lenny Meilany
PDF
343
Febry Hizba Ahshaina Hizba Ahshaina, Budhi Wibhawa, Eva Nuriyah Hidayat
PDF
349
Devi Ayu Rizki, Sri Sulastri, Maulana Irfan
PDF
360
Yessi Rachmasari, Soni Akhmad Nulhaqim, Nurliana Cipta Apsari
PDF
363
Amelia Febriani Putri, Santoso Tri Raharjo, Maulana Irfan
PDF
370
Sunny Aqilah Qurani, Ishartono Ishartono, Gigin Ginanjar Kamil Basar
PDF
377
Siti Rachmawati, Moch. Zainuddin, Maulana Irfan
PDF
390
Salma Arifah, Moch. Zainuddin, Arie Surya Gutama
PDF
395
Ruswanto Ruswanto, Moch. Zainuddin, Hery Wibowo
PDF
400
Aditya Rahmat Gunawan, Binahayati Rusyidi, Lenny Meilany
PDF
407
Nur Rahmawati Sulistiyori Sulistiyorini, Rudi Saprudin Darwis, Arie Surya Gutama
PDF
414
Destin Putri A., Nandang Mulyana, Nurliana Cipta Apsari
PDF
425