Strategi SCTV memikat pemirsa dan pengiklan pada tayangan sinetron prime time

Rubiyanto Rubiyanto

Abstract


Banyak strategi yang dilakukan oleh stasiun televisi untuk memikat pemirsa dan pengiklan lewat tayangan program. Misalnya, strategi SCTV menayangkan sinetron Buku Harian Seorang Istri dan dilanjutkan dengan Love Story The Series pada saat prime time, sejak 12 Januari 2021. Menariknya sebagai sinetron baru kedua program ini berhasil masuk dalam sepuluh besar program televisi di Indonesia pada Januari 2021 dengan meraih rating dan share yang baik. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemrograman dan alur cerita di kedua sinetron, hingga disukai pemirsa dan pengiklan. Metode yang digunakan adalah analisis isi untuk mengidentifikasi hal-hal spesifik terkait pemrograman dan alur cerita pada masing-masing sinetron sebanyak dua puluh episode. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemrogram berhasil mempertahankan sebagian besar pemirsa untuk tetap menyaksikan Love Story The Series setelah melihat tayangan Buku Harian Seorang Istri. Hal spesifik yang dapat mengikat pemirsa untuk terus menyaksikan adalah tema pada alur cerita yang akrab dengan kehidupan mereka, tentang dendam kesumat dan percintaan. Juga didukung dengan promosi program sinetron tersebut. Ditemukan beberapa kemiripan pada dua sinetron tersebut, yaitu: (1) Pada saat awal alur cerita salah satu tokoh dipenjara karena kasus pembunuhan, (2) konflik pada alur cerita saling terkait di antara para tokoh seperti jaring laba-laba yang membentuk sebuah sirkuit cerita, dan (3) pengiklan dapat memasukkan pesan iklan produk mereka dalam alur cerita. 


Keywords


sinetron prime time; strategi pemrograman; alur cerita; pemirsa; pengiklan

References


Abdullah, A., Mahameruaji, J. N., & Rosfiantika, E. (2018). Si Doel Anak Sekolahan, sinetron Indonesia Paling Fenomenal (Tinjauan Ilmu Komunikasi atas Sinetron Si Doel Anak Sekolahan). ProTVF, 2(2), 209–219.

Anggie, H. (2016). SCTV Sukses Bikin Sinetron Unggulan, Ini Komentar Harsiwi Achmad. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/2584820/sctv-sukses-bikin-sinetron-unggulan-ini-komentar-harsiwi-achmad

Christin, M., Yudhaswara, R. K., & Hidayat, D. (2021). Description of Selective Behavioral Experience of Choosing Covid-19 information In Mass Media Television. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(1).

Diahloka, C. (2012). Pengaruh Sinetron Televisi Dan Film Terhadap Perkembangan Moral Remaja. Reformasi, 2(1).

Eastman, S. T., & Ferguson, D. A. (2012). Media programming: Strategies and practices. Cengage Learning.

Fahruddin, A., & Asy’ari, N. A. S. (2019). Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADI TV. ProTVF, 3(1), 1–18.

Ford, S., Kosnik, A. De, & Harrington, C. L. (2011). The Survival of Soap Opera: Transformations for a New Media Era. University Press of Mississippi.

Ginting, S. S. (2015). Wajah Tayangan Prime Time Televisi Indonesia: Dimana Kepentingan Publik Di Tempatkan? Komunikatif, 4(1), 18–41.

Guinness World Records. (2021). First soap opera. Guinness World Records. https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/first-soap-opera

Hilliard, R. L. (2014). Writing for television, radio, and new media. Cengage Learning.

Indria, R. R., & Prasetyo, I. J. (2017). Pengaruh Tayangan Sinetron Anak Jalanan Terhadap Perilaku Agresif Murid SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Jurnal Kajian Media, 1(2).

Ingratubun, A. (2021). Strategi Programming Acquisition dalam Kelancaran Operasional Penyiaran Program Televisi. Jurnal Signal, 9(1), 25–49.

Irna Phillips. (2020). Encyclopedia Britannica. https://www.encyclopedia.com/arts/news-wires-white-papers-and-books/phillips-irna

Kurniawan, I. (2021). 10 Besar Rating TV, Mega Mini Series Leslar Ancaman Serius Sinetron RCTI dan SCTV. Tabloidbintang.Com. https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/154483/10-besar-rating-tv-mega-mini-series-leslar-ancaman-serius-sinetron-rcti-dan-sctv

Lamoureux, A. (2018). Here’s The First Drama Ever Broadcast On Television – In 1928. Allthatsinteresting.com. https://allthatsinteresting.com/first-television-drama

Lestari, P., Hafiar, H., & Amin, K. (2021). Pemetaan riset terkait tayangan sinetron televisi di Indonesia dalam perspektif akademik. ProTVF, 5(2), 163–182. https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i2.35254

Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi. Prenada Media.

Munanjar, A., & Kusumawati, N. (2019). Keberhasilan Format Program Drama Dalam Menjaring Penonton Televisi (Studi Kasus Sinetron Ojek Pengkolan RCTI). J-IKA, 6(1), 43–50.

Neuman, W. L. (2013). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Pamungkas, I. N. A. (2018). Analisis Perilaku Captive Audience pada Kegiatan Entertainment Branding melalui Insertion Sinetron Jodoh Wasiat Bapak sebagai Kegiatan Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(1), 73–90.

Panca, A. (2020). Update Kisaran Biaya Pasang Iklan di TV Nasional. Harga.Web.Id. https://harga.web.id/berapakah-harga-pasang-ikan-di-televisi-ini-dia-jawabannya.info

Pann. (2019). Prime time – (Multimedia). Glosarium.Org. https://glosarium.org/arti-prime-time-di-multimedia/

Perebinossoff, P., Gross, B., & Gross, L. S. (2005). Programming for TV, radio, and the Internet: strategy, development, and evaluation. Routledge, Taylor & Francis.

Poe-Howfield, L. (2010). Managing Electronic Media: Making, Marketing, and Moving Digital Content. Routledge, Taylor & Francis.

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Rohmah, H. Y., Sjuchro, D. W., & Abdullah, A. (2020). Representasi preman dalam sinetron Preman Pensiun. ProTVF, 4(2), 206–222.

Rubiyanto, R. (2018). Strategi membidik ketersediaan audiens dalam industri televisi (Studi deskriptif tayangan film India ANTV). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(01), 83–94.

Santosa, N. A., & Nandaryani, N. W. (2019). Fenomena Iklan pada Tayangan Sinetron Masa Kini. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 95–101.

SCTV. (2021). Jadwal TV. SCTV.CO.ID. https://www.sctv.co.id/

Sinemart. (2021). Sinemart at Glance. Sinemart.Com. https://sinemart.com/profile.php

Titaley, J., & Karnay, S. (2016). Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Menonton Sinetron Televisi di Kelurahan Fakfak Selatan Kabupaten Fakfak. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 387–405.

Triyana, A. F. P. (2021). Strategi Programming Program Indonesia Pintar SCTV. Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(1).

Widuhung, S. M. (2019). Sinetron Remaja Indonesia (Studi Kualitatif Persepsi Orang Tua Tentang Sinetron Remaja Dan Pubertas Dini Pada Anak SD). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(2), 179–188.



Digital Object Identifier

DOI : https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i1.36931


Dimension Citation Metrics Badge

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Rubiyanto Rubiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6287718604022 (Risa Nurisani) | +62 896433550102 (Kholidil Amin)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats