http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR SEKOLAH TANPA ATAP DI DESA CARINGIN, JATINANGOR | Meidini | Share : Social Work Journal

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR SEKOLAH TANPA ATAP DI DESA CARINGIN, JATINANGOR

Bidi Ashri Meidini, Sri Wahyuning Astuti

Sari


Sekolah Tanpa Atap dibangun dengan harapan agar anak-anak di Desa Caringin dapat memeroleh pendidikan non formal yang tidak mereka dapatkan di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan akhlak dan mental. Anak-anak yang tergabung dalam yayasan ini memiliki latar belakang, rentang usia, dan daya tangkap yang berbeda, beberapa di antaranya bahkan merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kondisi ini lantas membuat para pengajar harus memiliki metode khusus dalam menangani setiap anak.Salah satu cara untuk mengatasi problematika tersebut adalah melalui komunikasi interpersonal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menjelaskan pola interaksi interpersonal di Sekolah Tanpa Atap Desa Caringin, Jatinangor, (2) menjelaskan penerapan pola komunikasi interpersonal berdasarkan nilai-nilai guna meraih tujuan pembinaan peserta didik di Sekolah Tanpa Atap Desa Caringin, Jatinangor.  Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, disertai wawancara terstruktur dengan pendiri yayasan, pengajar, serta peserta didik, observasi non partisipatif, dan dokumentasi kegiatan belajar. Berdasarkan penelitian, dapat diketahui bahwa pola komunikasi interpersonal yang dilakukan untuk pembinaan peserta didik di sekolah non formal ini berupa komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah. Pola komunikasi yang diajarkanberdasarkan pada nilai-nilai pembinaan siswa, meliputi keimanan, budi pekerti, prestasi, demokrasi, kreativitas, kewirausahaan, kesehatan, sastra dan budaya, serta teknologi informasi – komunikasi.

 

Sekolah Tanpa Atap was built with the hope that children in Caringin Village could receive non formal education which they didn’t get from formal school, especially which related to morals and mentality. Children in this foundation came with different background, age, and comprehension, even some of them are children with special needs. This situation pushes the teacher to plan an exceptional method to handle each student. One way to overcome this problem is through interpersonal communication. The purpose of this research is (1) to explain the pattern of interpersonal interaction at Sekolah Tanpa Atap in Caringin Village, (2) to explain the application of interpersonal communication patterns based on values in order to achieve the goal of fostering students at Sekolah Tanpa Atas in Caringin Village. The method used is qualitative descriptive, accompanied by interview, unsystematic observation and documentation. Based on the research, it can be seen that the pattern of interpersonal communication that dominates this school is one-way, two-way and multi-way communication. The communication patterns used to foster students are based on student development values, including faith, character, achievement, democracy, creativity, entrepreneurship, health, literature and culture, as well as Information and Communication Technology.


Kata Kunci


komunikasi interpersonal, pola komunikasi, Sekolah Tanpa Atap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Altaf DAR, Mohmad, and Hanief Mohmad DAR. 2019. “Contribution of Effective Communication in Educational Settings: A Critical Review MOHMAD ALTAF DAR (JRF Education) HANIEF MOHMAD DAR.” International Journal of Research in All Subjects in Multi Languages 7(8):13–20.

Amelia, Amelia, Arimbi Syahkila Simangunsong, Rizki Akmalia, Sylvi Marsella Diastami, Syahfitri Halawa, and Amaluddin Tanjung. 2023. “Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan.” Journal on Education 5(2):3394–3403. doi: 10.31004/joe.v5i2.1016.

Asyuqah, and Dr. Hamdani M. Syam. 2018. “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Ulee Kareng Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah 3(2):589–600.

Desiana, et al. 2022. “Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Sales Promotion Girl dalam Proses Pemasaran Produk Rokok. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1): 1-6. doi: https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.638

Fadhallah, R. 2020. “Wawancara”. Jakarta: UNJ Press.

Hamlan Andi Baso Malla, Muhammad Atfa. 2019. “IMPLEMENTATION OF MULTI COMMUNICATION DIRECTIONS IN ISLAMIC EDUCATION FOR IMPROVING LEARNING OUTCOMES HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam Proses Pembelajaran Instruksional , Dibutuhkan Aktivitas Peserta.” 7:137–42.

Handika, Kd Dana, I. Km Sudarma, and I. Nym Murda. 2019. “Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa Dalam Komunikasi Verbal.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2(3):358. doi: 10.23887/jp2.v2i3.19284.

Hasanah, H. 2016. “Teknik-teknik Observasi: Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial”. Jurnal at-Taqaddum 8(1):34. Doi: 10.21580/at.v8i1.1163

Janawi. 2019. “Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 6(2):68–79.

Kusumawati, Tri Indah. 2016. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6(2).

Mansir, Firman, Muhammad Abrar Parinduri, and Sofyan Abas. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik Dalam Membentuk Watak Kuat-Positif.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(1):429–37. doi: 10.30738/tc.v4i1.6811.

Manurung, Rosmawati, and Solihah Titin Sumanti. 2022. “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Santri Pesantren Moderen Darul Arafah Raya Di Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6(1):910–21. doi: 10.22437/jssh.v6i1.20866.

Nadia Rizky Amalia, Nurul Hidayah, Irwandani Irwandani. 2020. “Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif.” Gagasan Pendidikan 1(1).

Nurhadi, Zikri Fachrul, and Achmad Wildan Kurniawan. 2017. “KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI.” Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian 3(1):90–95.

Pratiwi, Wahyu Ika. 2020. “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah.” Jp3Sdm 9(2):30–46.

Prayitno, Harun Joko, Murfiah Dewi Wulandari, Choiriyah Widyasari, Nursalam Nursalam, Krisma Anugra Malaya, Faisal Yusuf Bachtiar, Hengki Hermawan, Desi Tri Wulandari, and Madya Giri Aditama. 2020. “Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling Di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata Pada Era Komunikasi Global.” Buletin KKN Pendidikan 2(2):56–62. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11853.

Rahayu, et al. 2022. “URGENSI JIWA KEPEMIMPINAN GUNA MENUMBUHKEMBANGKAN KESADARAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata 2(1).

Ramdhan, M. 2021. “Metode Penelitian”. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Respati, Yudit Ayu. 2019. “Collaborative Learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran.” Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi 15(2):15–23. doi: 10.21831/efisiensi.v15i2.24490.

Rukajat, A. 2018. “Pendekatan Penelitian Kualitatif”. Yogyakarta: Deepublish.

Salakay, Selvianus, and Yohana Nahuway. 2022. “Efektifitas Komunikasi Interpersonal Dalam Bimbingan Konseling Guru Dan Murid Di SMP Negeri 9 Ambon.” Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura 1(1):20–35. doi: 10.30598/vol1iss1pp20-35.

Zagoto, Maria Magdalena, Nevi Yarni, and Oskah Dakhi. 2019. “Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2(2):259–65. doi: 10.31004/jrpp.v2i2.481.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v13i2.47496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/