Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Sosiohumaniora?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk bagi (Calon) Penulis JURNAL SOSIOHUMANIORA 

 

Artikel yang ditulis untuk Jurnal Sosiohumaniora berupa hasil penelitian (empirical / original article) di bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora.

Peneliti/Pengirim naskah diharapkan menyatakan secara terbuka mengenai pendanaan penelitian serta tujuan/kepentingan publikasi (misalnya persyaratan studi atau luaran penelitian). 

 

Biaya Pemrosesan Artikel (Processing Charges)

Setiap artikel yang dikirimkan ke editorial Jurnal Sosiohumaniora tidak dipungut biaya apapun (gratis - no page charge) termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Biaya Kontribusi Penulis untuk Luar Unpad sebesar Rp. 2.000.000,- dan untuk Kontribusi Penulis internal Unpad sebesar Rp. 1.000.000,-

Petunjuk Penulisan Artikel dan template dapat diunduh di alamat berikut ini:

 

Petunjuk Submit Manuskrip Secara Online

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui Online Submission System di portal E-Journal Sosiohumaniora http://sosiohumaniora.unpad.ac.id  Langkah-langkah pengiriman manuskrip :

  1. Pertama Penulis mendaftarkan sebagai Penulis dan/atau Reviewer (mencentang role sebagai Author dan/atau Reviewer) di bagian “Register” atau alamat: http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/user/register
  2. Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation
  3. Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
  4. Di bagian Upload Submission, silakan unggah file manuskrip artikel dalam MS Word di bagian ini.
  5. Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
  6. Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar, surat pernyataan penulis atau dokumen lainnya.
  7. Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
  8. Surat Pernyataan Penulis tentang artikel bukan merupakan dan tidak mengandung unsur plagiat, tidak sedang diproses dan dipertimbankan pada jurnal apapun selain jurnal Sosiohumaniora, bersedia menyetujui bentuk akhir yang diajukan dan bersedia menanggung resiko terhadap keakuratan data dan tidak akan meminta pertanggungjawaban kepada redaksi terhadap kesalahan data yang diberikan 
  9. Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring, dapat di tanyakan melalui E-mail ke email Editorial Jurnal Sosiohumaniora (sosiohumaniora@yahoo.co.id atau sosiohumaniora.unpad.ac.id). atau menghubungi kontak dukungan 

 

Panduan Penulisan Artikel

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf besar semua di tengah artikel dengan huruf Times New Roman, ukuran 14 pts.

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting berhubungan dengan penulis utama. Penulis harus mencantumkan e-mail.

 

ABSTRAK. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak maksimun 250 kata, dengan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian. Kata kunci dipisahkan dengan semi colon (;).

 

Peringkat judul bagian ditulis dengan aturan sebagai berikut:

PERINGKAT 1   (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2       (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3       (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

 

Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak; kata kunci; pendahuluan (dengan judul); metode (dengan judul); hasil dan pembahasan (dengan judul); simpulan dan saran (dengan judul); daftar pustaka.

PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan, penulis harus menuliskan tujuan penelitian di bagian akhir pendahuluan. Sebelum menuliskan tujuan penelitian, penulis harus menuliskan (secara berurutan) latar belakang, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, permasalahan penelitian, “gap analysis” dan hipotesis (bila penelitian kuantitatif). Di dalam pendahuluan tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka yang terpisah dalam sub judul tersendiri sebagaimana di laporan penelitian, tetapi dituliskan terintegrasi dengan penjelasan mengenai latar belakang penelitian sehingga kajian literatur tersebut dapat menunjukkan state of the art- atau kebaruan temuan ilmiah.

METODE

Bagian metode berisi penjelasan tentang jenis penelitian/desain penelitian. Bagian ini menjelaskan tentang jumlah subjek dan karakteristik subjek disertai data demografi (Azwar, 2007). Pada penelitian kuantitatif, jika penelitian menggunakan alat ukur tertentu, perlu disampaikan nama alat ukur, jumlah aitem, koefisien reliabilitas, serta metode analisis data yang digunakan. Pada penelitian kualitatif, dijelaskan perspektif kualitatif yang digunakan, hingga metode pengambilan data dan analisisnya (Willig, 2008).

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian di bagian pendahuluan.

SIMPULAN

Bagian simpulan terdiri dari satu paragraf saja namun menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Simpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan penelitian. Bila perlu, di bagian akhir simpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

UCAPAN TERIMA KASIH (bila ada)

Bagian ucapan terima kasih (bila ada)  terutama ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur dan pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian yang kontribusinya tidak cukup signifikan untuk dimasukkan dalam kelompok penulis (authorship).

DAFTAR PUSTAKA

Bagian daftar pustaka harus berisi semua referensi yang dikutip/disitasi dalam naskah artikel harus dicantumkan dalam bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah; minimum 80%) dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Jumlah referensi yang disitasi minimal 10 (sepuluh) sumber pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: MendeleyTurnitingrammarly, EndNote, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di Jurnal Sosiohumaniora Unpad adalah APA 6th Edition (American Psychological Association, 2010).

 

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Agustinus. W. (2016) Kerangka Ekonomo Makro Daerah Kota Bitung di Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu. Sosiohumaniora, 18, 185-190.

Shintadewi, E.A & Sumartias S. (2017). Promosi Kesehatan Hiv-Aids dan Stigma Terhadap Pengguna Narkoba Suntik (Penasun) di Kabupaten Sumedang. Sosiohumaniora, 19, (2), 129-140.

Nugrahanto, W. & Adyawardhina, R. (2018). Demokrasi Dalam Sejarah Militer Indonesia; Kajian Histois Tentang Pemilihan Panglima Tentara Pertama Tahun 1945. Sosiohumaniora, 20, (2), 78-85. doi: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i1.14368

 

 

Pustaka yang berupa judul buku:

Azwar, S . (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lunsford, A., & Ede, L. (2009). Child education: Perspective on teaching activities. Carbondale: Illinois University Press.

Willig, C. (2008). Introducing qualitative research in psychology: adventures in theory and method. (2nd ed.). London: McGraw-Hill Open University Press

 

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Desiningrum, D. R. (2011). Future time perspective, goal orientation, and subjective well being in elderly. The Padjadjaran International Conference on Psychology (pp.17-23)Bandung, Indonesia: Faculty of Psychology, Padjadjaran University.

 

Pustaka yang berupa disertasi/tesis/skripsi:

Pratama, A. G. (2009). Kontribusi kesejahteraan subjektif pada religiusitas Islam, persepsi tentang penyakit, dan perilaku menjaga kesehatan diri dalam model perilaku memelihara kesehatan: Suatu upaya menemukan model perilaku memelihara kesehatan dengan taraf kecocokan optimal pada penderita HIV+. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

 

Pustaka yang berupa Handbook:

Albarracin, Johnson, & Zanna. (2005). The handbook of attitudes. New Jersey: Erlbaum.

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association. Sixth edition. Washington D.C.: American Psychological Association

 

Proses Penerbitan Artikel

  • Pemeriksaan dan penyuntingan artikel dikerjakan oleh penyunting (editor) dan/atau dengan melibatkan penulis.
  • Artikel yang sudah dalam bentuk cetak coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.
  • Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.
  • Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan kepada penulis.

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel adalah hasil penelitian yang bersifat orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang disubmit pada jurnal yang lain.
  2. Artikel diajukan dalam format dokumen Microsoft Word, Open Office (.doc, .docx, .rtf).
  3. Bila tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Artikel diketik dalam 1 spasi dengan font Times New Roman 12-point, sesuai dengan gaya selingkung dan petunjuk penulisan yang telah tersedia (Author Guideline dan Template).
  5. Mohon dapat memeriksa referensi sesuai sumber asli (nama penulis, volume, edisi, tahun). Untuk memudahkan, silakan gunakan aplikasi reference manager seperti Mendeley, Turnitin, grammarly, EndNote, Zotero, dll. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus disertakan sebagai daftar pustaka dan sebaliknya seluruh sumber dalam daftar pustaka harus digunakan dalam artikel.
  6. Saat mengirimkan ke bagian peer-reviewed, pastikan bahwa telah mengikuti petunjuk blind review.
  7. Artikel harus di sesuaikan dengan Template Jurnal yang sudah ditetapkan (wajib)
  8. Dipastikan sudah melengkapi surat pernyataan penulis sesuai dengan petunjuk penulis
 

Pemberitahuan Hak Cipta

  1. Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
  2. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal Sosiohumaniora dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
  3. Setiap terbitan Jurnal Sosiohumaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.

 

Pernyataan Privasi

Semua informasi yang diberikan kepada Jurnal Sosiohumaniora akan digunakan sebatas kepentingan jurnal sebagaimana dicantumkan dalam laman Jurnal Sosiohumaniora dan tidak akan diberikan kepada pihak lain untuk kepentingan apapun.

Penulis dan editor akan saling menjaga privasi satu sama lain guna menghindari segala bentuk pelanggaran hak cipta, seperti duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

Naskah artikel ini adalah asli karya penulis yang belum pernah dipublikasikan di jurnal (media) manapun. Dalam naskah artikel penulis harus mengutip (sitasi) tulisan yang dimuat dalam jurnal Sosiohumaniora. Jika terdapat duplikasi penerbitan, naskah akan dicabut/dihapus oleh dewan redaksi

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan naskah: 0.00 (IDR)

untuk biaya penyerahan naskah/submite artikel di jurnal Sosiohumaniora tidak dikenakan biaya (free)  

KONTRIBUSI PENULIS: 2000000.00 (IDR)

untuk penulis dari luar Universitas Padjadjaran sebesar: Rp. 2.000.000 jika artikel akan diterbitkan

untuk penulis dari dalam Universitas Padjadjaran sebesar: Rp. 1.000.0000 jika artikel akan diterbitkan

Ket. Biaya tersebut di kirim setelah ada pemberitahuan dari redaksi bila artikel akan diterbitkan