KONFLIK DALAM HUBUNGAN INDUSTRIAL DITINJAU DARI ASPEK SOSIOLOGI INDUSTRI: Suatu Survey Pada Industri Garmen di Kabupaten Bandung

Nandan Limakrisna

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk : Mempelajari pandangan para pengusaha garmen di Wilayah Bandung dan Sekitarnya (mencakup pandangan tradisional atau pandangan modern) pada konflik yang dibayangkan dan konflik yang dirasakan. Menganalisis tingkat pengaruh aturan pemerintah (meliputi perundangan, kebijakan, dan keputusan pemerintah) terhadap konflik yang dirasakan dalam hubungan industrial. Menganalisis tingkat pengaruh nilai-nilai sosial terhadap konflik yang dirasakan dalam hubungan industrial. Menganalisis tingkat pengaruh hubungan kerja (meliputi ketergantungan, perbedaan dalam tujuan, perbedaan persepsi, dan kebutuhan spesialis) terhadap konflik yang dirasakan dalam hubungan industrial. Menganalisis tingkat pengaruh konflik yang dirasakan yang mencakup ambiguitas peranan, persaingan untuk mencapai sumber-sumber daya langka, interdependensi tugas, kendala-kendala komunikasi, konflik sebelumnya, perbedaan persepsi individual, dan perbedaan dalam kepribadian, kebutuhan-kebutuhan, nilai-nilai, serta tujuan-tujuan dalam hubungan industrial terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan bahwa para pengusaha garment di wilayah Bandung dan sekitarnya masih berpandangan tradisional terhadap konflik. Aturan pemerintah yang cenderung memihak pengusaha ternyata memiliki pengaruh yang berarti terhadap timbulnya konflik sebesar 38,1 %. Demikian juga nilai-nilai sosial karyawan berpengaruh terhadap timbulnya konflik, tetapi pengaruhnya relatif kecil, yaitu 5,20%. Sedangkan hubungan kerja di perusahaan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap timbulnya konflik, yaitu sebesar 27,2 %. Tetapi konflik yang tereskalat/ timbul berpengaruh sangat berarti terhadap produktivitas kerja sebesar 62,9 %.
Kata Kunci: Konflik, Hubungan Industrial, aturan pemerintah, nilai-nilai sosial, hubungan kerja

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v13i3.5511

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosiohumaniora

                                                                                               JURNAL INI TERINDEXS DI:

 

 

  

Statistik Pengunjung

 

Lisensi Creative CommonsCiptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.