Petunjuk Penulis

  1. Penulis yang akan submit naskah ke situs jurnal harus melakukan registrasi online secara mandiri pada menu “DAFTAR” atau “REGISTRASI”. Jika mengalami kesulitan dapat menghubungi sekretariat redaksi 
  2. Setelah terdaftar, lakukan submit naskah hingga berhasil (dengan status penyerahan aktif atau active submissions). 
  3. Naskah ditulis sesuai dengan Template penulisan naskah Jurnal Wacana Politik. 
  4. Penulisan kutipan dan daftar pustaka naskah menggunakan aplikasi reference manager Mendeley.
  5. Penulis dilarang mengirimkan naskahnya ke penerbit jurnal lain sebelum ada konfirmasi dari editor atau sekretariat redaksi (maksimal 3 minggu sejak naskah diterima oleh editor). 
  6. Penulis harus menunggu keputusan editor (hasil screening naskah) dan hasil rekomendasi review naskah dalam waktu yang telah ditetapkan. 
  7. Penulis patuh dan tunduk pada rekomendasi hasil review naskah dan keputusan editor.

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah dikirimkan dan diterbitkan di media publikasi lainnya baik cetak atau elektronik
  2. Naskah dibuat dalam format file dokumen Microsoft Word
  3. Daftar pustaka diupload dalam format yang sudah disediakan
  4. naskah dibuat dengan format: jarak 1 spasi; font 10; huruf: times new romans; jika italic, maka tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); penomoran diletakkan di atas ilustrasi, figur, dan tabel. disertai dengan sumber gambar atau tabel Contoh: tabel/gambar 1. .....
  5. Teknik sitasi menggunakan format A.P.A
  6. Naskah akan melalui proses blind review
  7. Semua naskah ditelaah oleh penyunting ahli (reviewers) menurut bidang kepakarannya. Penulis melakukan revisi berdasarkan masukan dari penyunting ahli. Kepastian pemuataan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.