Media dependency: Analisis literatur melalui metadata Scopus dan pemetaan ScientoPy
Abstract
Latar belakang: Media Dependency Theory memiliki hubungan erat antara sosial sistem, media dan audiens hingga menimbulkan efek kognitif, afektif, dan perubahan perilaku pada khalayak yang secara teratur disebarkan oleh media massa. Teori ini menunjukkan bagaimana audiens sangat bergantung pada media untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, yang kemudian mempengaruhi pola pikir, emosi, dan tindakan mereka. Ketergantungan ini semakin terlihat dalam era digital, di mana media sosial menjadi salah satu sumber utama informasi bagi masyarakat global. Tujuan: Untuk memahami lebih dalam bagaimana ketergantungan audiens terhadap media memengaruhi perilaku sosial serta pemenuhan kebutuhan informasi mereka, terutama dalam konteks perubahan sosial yang cepat dan dinamis. Melalui analisis ini, penelitian berupaya mengungkap bagaimana media dapat membentuk persepsi publik terhadap isu-isu penting di dunia modern. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data pada 117 artikel berbasi Scopus dan pemetaan kata kunci menggunakan ScientoPy. Hasil: Hasil penelitian ini memberi wawasan baru bagi masyarakat melalui identifikasi tren tahun jurnal, analisis pola kutipan dan penulisan, identifikasi jurnal dan publikasi paling berpengaruh, analisis pemetaan kata kunci dari Media Dependency Theory. Media memiliki peran sebagai saluran informasi utama dalam kehidupan dan publik sangat bergantung pada informasi yang disebarkan media yang dapat membentuk perilaku, keputusan, dan persepsi mereka menyikapi isu global. Pada konteks media sosial, Media Dependency Theory digunakan individu hingga organisasi untuk membangun keterlibatan, loyalitas, dan interaksi konsumen, juga memiliki relevansi global dan diaplikasikan dalam berbagai konteks sosial dan budaya. Media Dependency Theory dapat mempengaruhi perilaku publik dalam situasi kritis menjadi semakin relevan dalam kajian-kajian komunikasi kontemporer.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K. H. (2022). Mapping of literature on safety knowledge research using ScientoPy and VOSviewer. 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/jmsss.v1i1.75
Andriaty, E. (2020). Analisis karya tulis peneliti pertanian dalam jurnal ilmiah internasional pada basis data Sciencedirect. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(1), 16. https://doi.org/10.21082/jpp.v28n1.2019.p16-24
Ayar, D., Özalp Gerçeker, G., Özdemir, E. Z., & Bektaş, M. (2018). The effect of problematic internet use, social appearance anxiety, and social media use on nursing students’ nomophobia levels. CIN - Computers Informatics Nursing, 36(12), 589 – 595. https://doi.org/10.1097/CIN.0000000000000458
Ball-Rokeach, S. J., & Defleur, M. L. (1976). A dependency model of mass-media effects. Communication Research, 3(1), 3–21. https://doi.org/10.1177/009365027600300101
Carillo, K., Scornavacca, E., & Za, S. (2017). The role of media dependency in predicting continuance intention to use ubiquitous media systems. Information and Management, 54(3), 317 – 335. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.09.002
Garfield, E. (1972). Citation analysis as a tool in journal evaluation. Science, 178(4060), 471–479. https://doi.org/10.1126/science.178.4060.471
Hayatun Nufus, & Muliana. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi ma-tematis siswa dan sikap positif siswa. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i1.1398
Ho, S. S., Liao, Y., & Rosenthal, S. (2015). Applying the theory of planned behavior and media dependency theory: Predictors of public pro-environmental behavioral intentions in Singapore. Environmental Communication, 9(1), 77 – 99. https://doi.org/10.1080/17524032.2014.932819
Jang, K., & Baek, Y. M. (2019). When Information from public health officials is untrustworthy: The use of online news, interpersonal networks, and social media during the MERS outbreak in South Korea. Health Communication, 34(9), 991–998. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1449552
Kingston, A., Wohland, P., Wittenberg, R., Robinson, L., Brayne, C., Matthews, F. E., Jagger, C., Green, E., Gao, L., Barnes, R., Arthur, A., Baldwin, C., Barnes, L. E., Comas-Herrera, A., Dening, T., Forster, G., Harrison, S., Ince, P. G., McKeith, I. G., … Weller, R. (2017). Is late-life dependency increasing or not? A comparison of the Cognitive Function and Ageing Studies (CFAS). The Lancet, 390(10103), 1676 – 1684. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(17)31575-1
Leydesdorff, L., & Wagner, C. S. (2008). International collaboration in science and the formation of a core group. Journal of Informetrics, 2(4), 317–325. https://doi.org/10.1016/j.joi.2008.07.003
Li, Y., Yang, S., Zhang, S., & Zhang, W. (2019). Mobile social media use intention in emergencies among Gen Y in China: An integrative framework of gratifications, task-technology fit, and media dependency. Telematics and Informatics, 42. https://doi.org/10.1016/j.tele.2019.101244
Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi (cetakan pe). Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Price, D. J. D. S. (1963). Little science, big science. Columbia University Press. https://doi.org/10.7312/pric91844
Putra, W. F., & Febriana, P. (2022). Penggunaanaplikasi digital Weverse sebagai new media interaksi antara artis/idol k-pop dengan para penggemarnya. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1649–1659. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1263
Ruiz-Mafe, C., Martí-Parreño, J., & Sanz-Blas, S. (2014). Key drivers of consumer loyalty to Facebook fan pages. Online Information Review, 38(3), 362 – 380. https://doi.org/10.1108/OIR-05-2013-0101
Ruiz-Rosero, J., Ramirez-Gonzalez, G., & Viveros-Delgado, J. (2019). Software survey: ScientoPy, a scientometric tool for topics trend analysis in scientific publications. Scientometrics, 121(2), 1165–1188. https://doi.org/10.1007/s11192-019-03213-w
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Sugiana, D., Setiaman, A., Sari, D. K., Wibowo, N. A., Herwandito, S., Sjuchro, D. W., Yusanto, Y., Ramadhani, E., Ningsih, I. N. D. K., Samudro, A., Gemiharto, I., Koswara, I., Gobang, J. K., Karimah, K. El, Wahyudin, U., Tarifu, L.,
Nurfikria, I., Lusianai, W. O., Jabar, A. S., … Yuliati. (2019). Komunikasi dalam media digital (F. Junaedi & F. G. Sukmono (eds.); Cetakan Pe). Buku Litera Yogyakarta.
Tsai, W.-H. S., & Men, L. R. (2017). Consumer engagement with brands on social network sites: A cross-cultural comparison of China and the USA. Journal of Marketing Communications, 23(1), 2 – 21. https://doi.org/10.1080/13527266.2014.942678
Tsai, W.-H. S., & Men, R. L. (2018). Social messengers as the new frontier of organization-public engagement: A WeChat study. Public Relations Review, 44(3), 419 – 429. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2018.04.004
Turner-Stokes, L., Paul, S., & Williams, H. (2006). Efficiency of specialist rehabilitation in reducing dependency and costs of continuing care for adults with complex acquired brain injuries. Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, 77(5), 634 – 639. https://doi.org/10.1136/jnnp.2005.073411
Żarczyńska, A. (2012). Nicola De Bellis: Bibliometrics and citation analysis, from the Science Citation Index to Cybermetrics, Lanham, Toronto, Plymouth 2009. Toruńskie Studia Bibliologiczne, 5(1 (8)). https://doi.org/10.12775/TSB.2012.009
Zupic, I., & Čater, T. (2015). Bibliometric methods in management and organization. Organizational Research Methods, 18(3), 429–472. https://doi.org/10.1177/1094428114562629
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.58263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurlina Nurlina, Nurul Huda, Isabela Brenda, Nur Laiela Hidayatur Rohmah, Wisma Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: