KINERJA BIDANG MANAJEMEN TRANSPORTASI DAN PARKIR PADA DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENGATASI KEMACETAN DI KOTA BANDUNG

Rachmadona Rachmadona, Ira Irawati, Yogi Suprayogi

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kinerja Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandung dengan indikator persentase kemacetan yang teratasi belum mencapai target yaitu hanya 81.25%, jumlah lahan parkir yang kurang memadai dan tidak bertambah di Kota Bandung, pembangunan ruas jalan yang tidak sesuai dengan peningkatan volume kendaraan di Kota Bandung, dan banyak angkutan kota di Kota Bandung yang menunggu penumpang (ngetem) dibadan jalan dan menaik-turunkan penumpang sembarangan sehingga hal tersebut menimbulkan kemacetan karena berhenti dibadan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kinerja Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengukuran kinerja organisasi publik oleh Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima indikator, diantaranya yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung yang sudah terpenuhi oleh Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandung adalah kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Sedangkan ukuran kinerja yang belum terpenuhi yaitu produktivitas.

Dengan demikian Kinerja Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam mengatasi kemacetan sudah cukup baik karena hanya satu indikator pengukuran kinerja yang tidak terpenuhi yaitu indikator produktivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Dharma, Surya. 2012. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jilid Dua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Harbani, Pasolong. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Keban, Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbitan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

RI, Lembaga Administrasi Negara. 2008. AKIP Dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Terry, George. 2010. Dasar Dasar Manajemen. Edisi Sebe. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, John W. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Yuni Retna. 2014. “Strategi Humas Dinas Perhubungan Darat DKI Jakarta Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu-Lintas Di Ibukota.” Jurnal Wacana Volume XII.

Dharma, Surya. 2012. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jilid Dua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Gunawan, Reza. 2018. “Hubungan Kemacetan Lalu Lintas Dengan Pendapatan Dan Pengeluaran Pedagang Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 3 N.

Halawi, Dea Siti Hilmiah. 2016. “Analisis Kinerja Pegawai Bidang Pengendalian Dan Penertiban (Daltib) Pada Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Bogor.” Jurnal Governansi Volume 2 N.

Harbani, Pasolong. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Jannah, Miftahul. 2015. “Implementasi Kebijakan Larangan Parkir Di Bahu Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Makassar.” Jurnal Kolaborasi Volume 1 N.

Karetji, Yudith N. A. 2017. “Kebijakan Pengoperasionalan Bus Angkutan Umum Trans Jogja Sebagai Alternatif Mengurangi Kemacetan Arus Lalu Lintas Di Kota Yogyakarta Dan Sekitarnya.” Jurnal Ilmu Sosial Volume 15.

Keban, Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Losa, Calvin. 2018. “Efektifitas Kerja Dalam Menangulangi Masalah Kemacetan (Suatu Studi Di Dinas Perhubungan Kota Manado).” Jurnal Administrasi Publik.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbitan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nababan, Adam Brillian. 2018. “Analisis Pengaruh Jumlah Transportasi Online Dan Transportasi Umum Terhadap Kemacetan Di Kota Medan.” Universitas Sumatera Utara.

Putrayasa, I Made Agus. 2014. “Efektifitas Bus Trans Sarbagita Trayek Kota–GWK Dalam Mengurangi Kemacetan Di Kota Denpasar Dan Kabupaten Badung.” Jurnal Sosial Dan Humaniora Volume 4 N.

RI, Lembaga Administrasi Negara. 2008. AKIP Dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Terry, George. 2010. Dasar Dasar Manajemen. Edisi Sebe. Jakarta: Bumi Aksara.

Triguna, Hara Eka. 2015. “Koordinasi Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Jom FISIP Volume 2 N.

Yunas, Novy Setia. 2017. “Kebijakan Revitalisasi Sistem Transportasi Publik Sebagai Langkah Antisipatif Kemacetan Total Di Kota Malang.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Volume 3 N.

Jurnal

Dewi, Yuni Retna. 2014. “Strategi Humas Dinas Perhubungan Darat DKI Jakarta Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu-Lintas Di Ibukota.” Jurnal Wacana Volume XII.

Gunawan, Reza. 2018. “Hubungan Kemacetan Lalu Lintas Dengan Pendapatan Dan Pengeluaran Pedagang Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 3 N.

Halawi, Dea Siti Hilmiah. 2016. “Analisis Kinerja Pegawai Bidang Pengendalian Dan Penertiban (Daltib) Pada Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Bogor.” Jurnal Governansi Volume 2 N.

Jannah, Miftahul. 2015. “Implementasi Kebijakan Larangan Parkir Di Bahu Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Makassar.” Jurnal Kolaborasi Volume 1.

Karetji, Yudith N. A. 2017. “Kebijakan Pengoperasionalan Bus Angkutan Umum Trans Jogja Sebagai Alternatif Mengurangi Kemacetan Arus Lalu Lintas Di Kota Yogyakarta Dan Sekitarnya.” Jurnal Ilmu Sosial Volume 15.

Losa, Calvin. 2018. “Efektifitas Kerja Dalam Menangulangi Masalah Kemacetan (Suatu Studi Di Dinas Perhubungan Kota Manado).” Jurnal Administrasi Publik.

Nababan, Adam Brillian. 2018. “Analisis Pengaruh Jumlah Transportasi Online Dan Transportasi Umum Terhadap Kemacetan Di Kota Medan.” Universitas Sumatera Utara.

Putrayasa, I Made Agus. 2014. “Efektifitas Bus Trans Sarbagita Trayek Kota–GWK Dalam Mengurangi Kemacetan Di Kota Denpasar Dan Kabupaten Badung.” Jurnal Sosial Dan Humaniora Volume 4 N.

Triguna, Hara Eka. 2015. “Koordinasi Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Jom FISIP Volume 2 N.

Yunas, Novy Setia. 2017. “Kebijakan Revitalisasi Sistem Transportasi Publik Sebagai Langkah Antisipatif Kemacetan Total Di Kota Malang.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Volume 3.

Dokumen

LAKIP Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2018.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas.

Peraturan Walikota Bandung Nomor 1392 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi,Tugas, dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kota Bandung




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.28694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)